4 Fakta Menarik Inter Milan Rengkuh Scudetto Liga Italia 2020/21
Selebrasi pemain Inter Milan. Foto: Daniele Mascolo/Reuters

Inter Milan telah resmi menjadi juara Liga Italia 2020/21. Kepastian ini didapat usai Atalanta ditahan imbang 1-1 oleh Sassuolo pada laga pekan ke-34, Minggu (2/5) malam WIB.

Sebelumnya pada Sabtu (1/5) malam WIB, Inter Milan menang 2-0 atas Crotone. Raihan 82 poin dari 34 laga membuat Nerazzurri kini tak lagi terkejar oleh Atalanta (69 poin) di peringkat dua klasemen Liga Italia maupun tim-tim lainnya.

Ini merupakan prestasi yang amat berarti bagi Inter Milan. Trofi yang telah dinantikan sejak lama berhasil mereka rengkuh.

Pada stori ini, kumparan menyajikan fakta-fakta menarik seputar Inter Milan yang menjuarai Liga Italia 2020/21 yang dikutip dari Opta. Silakan disimak.

1) Jadi Juara Liga Italia lagi usai 11 tahun

4 Fakta Menarik Inter Milan Rengkuh Scudetto Liga Italia 2020/21 (1)
Selebrasi pemain Inter Milan. Foto: Jennifer Lorenzini/REUTERS

Usai 11 tahun lamanya, Inter Milan kembali merebut gelar juara Liga Italia. Terakhir kali, La Beneamata melakukannya pada musim 2009/10 ketika masih dibesut Jose Mourinho.

Kemudian, AC Milan berhasil sekali menjuarai Liga Italia. Setelah itu, Juventus memulai kuasanya dengan menjadi juara 9 tahun beruntun.

Menariknya, kejayaan Juventus kala itu diawali sejak era kepelatihan Antonio Conte. Kini, pelatih kelahiran Lecce itulah yang membawa Inter Milan merengkuh scudetto Liga Italia 2020/21.

2) Rekor pribadi Antonio Conte

4 Fakta Menarik Inter Milan Rengkuh Scudetto Liga Italia 2020/21 (2)
Pelatih Inter Milan, Antonio Conte. Foto: REUTERS/Daniele Mascolo

Antonio Conte adalah pelatih pertama yang memiliki pencapaian bersama 2 klub berbeda (2012/13 bersama Juventus untuk pertama kalinya) kala membawa tim besutannya menjadi juara Liga Italia saat musim masih menyisakan lebih dari dua laga tersisa. Kali ini, ia melakukannya bersama Inter Milan.

3) Inter Milan termoncer di Eropa

4 Fakta Menarik Inter Milan Rengkuh Scudetto Liga Italia 2020/21 (3)
Pertandingan antara Crotone vs Inter Milan di Stadio Ezio Scida, Crotone, Italia. Foto: Ciro De Luca/Reuters

Inter telah mencetak lebih banyak poin daripada tim lain di lima liga top Eropa 2020/21, yakni 82 poin. Pencapaian mereka ini bahkan melebihi raihan sementara Man City yang baru mengukir 80 poin di Liga Inggris hingga pekan ke-34.

4) Apresiasi untuk Martinez, Bastoni, & Handanovic

4 Fakta Menarik Inter Milan Rengkuh Scudetto Liga Italia 2020/21 (4)
Pemain Inter Milan Lautaro Martinez menendang bola ke arah gawang Crotone pada pertandingan lanjutan Serie A Italia di San Siro, Milan, Italia. Foto: Jennifer Lorenzini/REUTERS

Samir Handanovic dan Lautaro Martinez adalah satu-satunya pemain Inter Milan yang turun ke lapangan dalam 34 pertandingan pertama Liga Italia musim ini. Di sisi lain, Alessandro Bastoni menjadi satu-satunya pemain yang selalu menjadi starter dalam 30 laga Liga Italia.

***