4 Fakta Soal Monster yang Konon Hidup di Loch Ness
Patung Nessie di sebuah danau kecil di Desa Drumnadrochit yang tak jauh dari Loch Ness | Wikimedia Commons/Immanuel Giel

Ketertarikan pada keberadaan monster di danau Loch Ness mulai muncul pada 1933. Kala itu, seorang saksi mata membuat klaim liar bahwa seekor binatang dengan ukuran tak biasa menyeberang jalan di Skotlandia, tepat di depan kendaraan mereka.

Selama lebih dari 80 tahun — saat kabar penampakan itu berkembang— monster di Loch Ness yang kerap dipanggil Nessie ini lantas menjadi makhluk kriptid yang terkenal di dunia.

Kriptid sendiri adalah istilah untuk makhluk hidup yang eksistensinya sulit diuji lewat kajian ilmiah dan masih dipertanyakan keberadaannya.

Walaupun keberadaaan Nessie masih sebatas percaya nggak percaya, tetapi pada 2006 monster ini menduduki puncak survei sosok dari Skotlandia yang paling terkenal.

Masih ada sejumlah fakta menarik mengenai Nessie, berikut uraiannya:

Lebih tua dari perkiraaan

Meskipun ketenaran monster itu hanya tumbuh sejak penampakan pada 1933, pertama kali disebutkan di Loch Ness pernah muncul pada tahun 565 Masehi. St. Columba, seorang biarawan Kristen, pernah menggambarkan seekor binatang di dalam air, seperti Nessie.

4 Fakta Soal Monster yang Konon Hidup di Loch Ness (1)
Ilustrasi penampakan monster Loch Ness karya sineas Inggris, Arthur Grant, pada 1934. | Wikimedia Commons/Saunders (CC)

Memicu perburuan

Seorang pemburu besar bernama Marmaduke Wetherall pergi ke Loch Ness pada tahun 1933, dengan harapan mengantongi pembunuhannya yang paling signifikan, tetapi yang dia temukan hanyalah jejak kaki yang mencurigakan di sisi danau.

Jejak kaki mengungkapkan bahwa itu adalah tipuan — mungkin oleh Wetherall sendiri— yang dibuat dengan penyangga payung.

4 Fakta Soal Monster yang Konon Hidup di Loch Ness (2)
Dermaga Augustus di Loch Ness pada 2017. | Wikimedia Commons/Mirda00 (CC)

Operasi Deepscan

Ada banyak pencarian di Loch Ness selama 80 tahun terakhir, yang terbesar adalah "Operation Deepscan" pada 1987. Rencana ini adalah memperkenalkan lumba-lumba terlatih yang diimpor dari Amerika untuk mencari binatang buas.

Akan tetapi, operasi itu dengan cepat ditinggalkan, ketika salah satu lumba-lumba mati saat menyesuaikan diri dengan suhu air yang rendah.

4 Fakta Soal Monster yang Konon Hidup di Loch Ness (3)
Nessie dalam manga Doraemon karya Fujiko F. Fujio. | Doraemon volume 6

Kedalaman Loch Ness ideal untuk bersembunyi

Jika monster besar penghuni air akan berhasil bersembunyi di suatu tempat, Loch Ness adalah lokasi yang ideal karena timbunan gambut yang tebal menyulitkan instrumen untuk menembus air keruh.

Ukuran danau yang besar juga menjadikannya rumah yang bagus untuk monster, Loch Ness adalah permukaan air terbesar di Inggris. Pada titik kedalamannya mencapai 227 meter. [*]