Aksi Pierre-Emerick Aubameyang dalam proses terciptanya gol kedua Arsenal kala menghadapi Newcastle United dalam laga lanjutan Premier League, Minggu (2/5/2021). (c) AP Photo
Arsenal berhasil mendapatkan tiga poin penting dari markas Newcastle United. Mereka keluar sebagai pemenang dengan skor 2-0 dalam laga lanjutan Premier League, Minggu (2/5/2021) malam WIB.

UNIKOLOGI.COM - Arsenal berhasil mendapatkan tiga poin penting dari markas Newcastle United. Mereka keluar sebagai pemenang dengan skor 2-0 dalam laga lanjutan Premier League, Minggu (2/5/2021) malam WIB.

Meski berstatus sebagai tim tamu, Arsenal sudah unggul lebih dulu ketika pertandingan baru berjalan selama lima menit. Adalah Mohamed Elneny yang membuka keran gol the Gunners dengan bantuan assist dari Pierre-Emerick Aubameyang.

Pada menit ke-66, giliran Aubameyang yang membubuhkan nama di papan skor. Pria asal Gabon itu berhasil menjebol gawang the Magpies dengan memanfaatkan assist dari rekan setimnya, Gabriel Martinelli.

Sedikitnya ada lima pelajaran penting yang Bolaneters bisa petik dari pertandingan kali ini. Informasi selengkapnya boleh disimak dengan melakukan scroll ke bawah.

Halaman 1 dari 5

Pierre-Emerick Aubameyang Is Back

Tidak bisa dimungkiri, dengan torehan satu gol dan assist, Aubameyang memiliki kontribusi besar di balik kemenangan Arsenal. Nampaknya, performa terbaik mantan penyerang Borussia Dortmund tersebut telah kembali.

Dalam beberapa musim sebelumnya, Aubameyang selalu jadi tumpuan di lini depan Arsenal. Namun performanya menurun cukup drastis di musim ini. Meski begitu, ia masih sanggup memproduksi 15 gol dari 40 penampilan di semua kompetisi.

Aubameyang sempat absen mencetak gol sejak bulan Maret lalu, tepat ketika Arsenal ditahan imbang Burnley 1-1. Setelah menunggu cukup lama, ia akhirnya berhasil membubuhkan namanya kembali di papan skor.

Halaman 2 dari 5

Respon yang Apik dari Arsenal

Perlu diketahui bahwa Arsenal bertandang ke St James' Park dengan modal buruk. Pada Jumat (30/4/2021) lalu, mereka harus menerima keunggulan Villarreal dalam laga leg pertama babak semifinal Liga Europa dengan skor 1-2.

Hasil tersebut seharusnya mempengaruhi mental bermain the Gunners. Namun nyatanya tidak. Pasukan Mikel Arteta tersebut mampu menunjukkan permainan apik seolah-olah mereka tidak menelan kekalahan di laga sebelumnya.

Tentu, kemenangan atas Newcastle United bisa menjadi modal positif buat Arsenal untuk menghadapi Villarreal di leg kedua. Pertandingan tersebut akan digelar hari Jumat (7/5/2021) nanti di Emirates Stadium.

Halaman 3 dari 5

Martinelli Digunakan dengan Baik

Mikel Arteta cukup rajin memberikan kesempatan kepada para pemain muda Arsenal untuk unjuk gigi. Bukayo Saka dan Emile Smith Rowe adalah dua jebolan akademi the Gunners yang paling merasakan manfaat dari kehadiran Arteta.

Namun tidak demikian dengan Martinelli. Pemain yang direkrut dari Ituano pada tahun 2019 lalu tersebut hanya mendapatkan kesempatan tampil sebanyak 11 kali di Premier League musim ini, itupun sebagian besar dilakoni sebagai pengganti.

Akan tetapi, setiap kali diberi kesempatan, Martinelli jarang tampil mengecewakan. Pada pertandingan kali ini, Martinelli mampu menghasilkan assist dan menjadi man of the match versi Whoscored.

Halaman 4 dari 5

Kalah, Tapi Bisa Bertahan

Hasil buruk yang diraih saat bertemu Arsenal membuat Newcastle tertahan di peringkat 17 dalam klasemen sementara Premier League, Sekilas, mereka terlihat sangat dekat dengan zona degradasi.

Namun jika ditelaah lebih baik, the Magpies sebenarnya punya peluang besar untuk bertahan di Premier League. Sebab mereka unggul sembilan angka dari Fulham yang berada di peringkat ke-18.

Jarak antara kedua tim dipastikan takkan terpangkas meski Newcastle menelan kekalahan di tangan Arsenal. Pasalnya, Fulham sudah bermain pada Minggu (2/5/2021) dinihari dan tumbang di hadapan Chelsea dengan skor 0-2.

Halaman 5 dari 5

Mampukah Arsenal Tampil di Eropa?

Kemenangan atas Newcastle United membuat Arsenal naik satu peringkat ke posisi sembilan. Mereka bakal bertahan di posisi tersebut untuk sementara sampai Aston Villa menjalani laga tunda melawan Everton dua pekan lagi.

Lantas, bagaimanakah peluang Arsenal untuk finis di zona Eropa? Jika FA Cup berhasil dimenangkan Chelsea, maka zona Liga Europa bakal didapatkan oleh penghuni peringkat ke-7. Dan Arsenal tidak tertinggal jauh.

Saat ini, Arsenal sudah mengumpulkan 49 poin. Sementara posisi ke-7 dihuni oleh Tottenham yang mengantongi 53 angka. Premier League masih menyisakan empat pekan, dan Arsenal masih memiliki harapan untuk finis di tujuh besar.