Konsumsi kafein yang berlebihan dapat memicu reaksi yang kurang baik pada tubuh.
Konsumsi kafein yang berlebihan dapat memicu reaksi yang kurang baik pada tubuh.

UNIKOLOGI.COM, JAKARTA -- Selain memiliki rasa dan aroma yang sedap, kopi juga memiliki beberapa manfaat kesehatan dan dapat membantu tubuh terasa lebih berenergi. Tak heran bila bagi sebagian orang, kopi merupakan hal yang tak bisa dipisahkan dari keseharian mereka.

Namun perlu diingat, kopi merupakan minuman yang mengandung kafein. Konsumsi kafein yang berlebihan dapat memicu reaksi yang kurang baik pada tubuh.

Setidaknya ada lima tanda yang kerap muncul ketika seseorang mengonsumsi kopi atau kafein terlalu banyak. Berikut ini adalah kelima tanda tersebut, seperti dilansir EatThis, Ahad (2/5).

Kualitas Tidur Buruk

Pengaturan waktu minum kopi dan jumlah kafein yang dikonsumsi sepanjang hari dapat mempengaruhi kualitas tidur di malam hari. Bahkan, meminum kopi sekitar enam jam sebelum jam tidur malam juga bisa mengganggu kualitas tidur.

Merasa Cemas

Meminum kafein, meski dalam kadar yang sedang, dapat memicu munculnya perasaan cemas dan stres. Terlebih, bila peminum kopi sejak awal sudah mengalami gangguan kecemasan.

Sebuah studi juga telah menyoroti dampak konsumsi kopi pada stres. Dalam studi ini, partisipan laki-laki dewasa sehat diminta untuk mengonsumsi 300 mg kafein atau setara dengan sekitar tiga cangkir kopi sebelum melakukan sebuah tugas yang cukup memberikan tekanan. Konsumsi kafein ini memicu terjadinya peningkatan tekanan darah, hormon stres, dan kadar stres hingga dua kali lipat dibandingkan partisipan yang hanya diberikan placebo.

Efek Pencahar

Penggemar kopi mungkin pernah merasa bahwa konsumsi kopi dapat memicu perasaan ingin buang air besar. Situasi ini terjadi karena kafein pada kopi mengaktivasi kolon. International Foundation for Gastrointestinal Disordes mengungkapkan bahwa 2-3 cangkir kopi per hari sudah cukup untuk menyebabkan diare.