Anies: Data Sementara Pengunjung Tanah Abang Hari ini Tembus 100 Ribu

JawaPos.com – Pasar Tanah Abang pada Sabtu (1/5) siang dipadati oleh para pengunjung. Kejadian ini berhubungan dengan semakin dekatnya Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Tentu saja hal ini mengkhawatirkan, sebab Indonesia sampai saat ini masih dilanda pandemi Covid-19.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga mengungkapkan data sementara pengunjung Pasar Tanah Abang pada Minggu (2/5) mencapai 100 ribu orang. Hal ini jauh lebih tinggi dari hari sebelumnya yang sebesar 87 ribu orang. Kata dia, biasanya pengunjung Pasar Tanah Abang berada di kisaran angka 35 ribu pengunjung.

“Hari Sabtu kemarin terjadi lonjakan pengunjung, dari 35 ribu menjadi 87 ribu dan hari ini data sementara sekitar 100 ribu pengunjung,” ungkap dia di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (2/5).

Untuk mengantisipasi hal itu, PD Pasar Jaya pun hari ini akan mulai menerapkan penutupan secara bergilir. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerumunan pengunjung pada saat yang sama ketika jam tutup pasar.

“Mulai sore ini, pasar akan ditutup dengan dibagi, ada tutup jam 4 dan 5 untuk menghindari keluar bersamaan dan menuju titik yang hampir sama,”
terang dia.

Alasan kenapa hanya jam tutup saja yang diatur ia adalah karena kedatangan para calon pengunjung berbeda-beda. Maka dari itu, yang diantisipasi adalah melalui jam tutupnya.

“Jam kedatangan orang beda-beda, tapi jam pulang bersamaan,” pungkas Anies.