Mikel Arteta. (Foto: Stuart MacFarlane/Getty Images)

Berita Liga Europa: Mikel Arteta mengatakan seluruh skuat Arsenal "hancur" setelah mereka disingkirkan Villarreal dari semifinal Liga Europa, dan dia meratapi cedera Granit Xhaka beberapa saat menjelang kick-off.

Villarreal mempertahankan keunggulan agregat 2-1 atas The Gunners dengan meraih hasil imbang 0-0 di Emirates Stadium pada Jumat (7/5) dini hari WIB untuk memenangkan pertandingan semifinal dan memastikan tempat di final melawan Manchester United.

Arteta merasa Arsenal pantas memenangkan pertandingan tersebut, tetapi juga mengakui bahwa dia harus mengubah rencana permainannya setelah Xhaka cedera saat pemanasan.

Dia awalnya menurunkan formasi 3-4-3 dengan Xhaka bermain sebagai bek tengah kiri, dan dipaksa mengubahnya menjadi formasi 4-2-3-1 dengan memasukkan Kieran Tierney - yang belum 100 fit - untuk mengisi posisi bek kiri.

"Kami hancur. Sangat kecewa. Kami harus memberi selamat kepada Villarreal," kata Arteta kepada BT Sport. "Kami mencoba segalanya sampai menit terakhir. Saya pikir kami pantas memenangkan pertandingan, tetapi detailnya menentukan pertemuan ini.

"Kami memiliki tiga peluang besar, mereka tidak memiliki apa-apa tetapi mereka lolos. Begitu banyak hal terjadi pada kami, dan begitu banyak pemain yang mencoba untuk bersaing bukan dalam performa terbaik mereka."

Ditekan tentang pengaruh kehilangan Xhaka tak lama sebelum kick-off, bos The Gunners menambahkan: "Itu mengubah rencana kami sepenuhnya. Kami mempersiapkan segalanya dengan Granit di posisi itu.

"Di babak pertama kami kesulitan dengan bola tapi itu bukan alasan. Terlalu banyak pemain penting yang harus menentukan pertandingan tapi tidak berada di momen yang tepat. Saya pikir kami sangat kacau dengan bola. Kami mungkin sedikit tegang. Kami jauh lebih dominan di babak kedua."

Arsenal sekarang akan mengalihkan perhatian mereka ke pertandingan Premier League melawan West Bromwich Albion dan Chelsea, mengetahui fakta bahwa mereka sangat mustahil untuk mendapatkan tempat di Eropa musim depan.