SIAPGRAK.COM - Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, tak setuju dengan adanya wacana pengurangan pemain asing di kompetisi Liga 1 2021. Saat ini, tim Serdadu Tridatu sudah terlanjur mengikat empat pilar asing.

Wacana pengurangan pemain asing menjadi perbincangan hangat sejak pekan lalu. Setiap tim yang awalnya berhak mengontrak tiga pemain asing bebas serta satu Asia, berpotensi berubah jadi dua pemain asing bebas serta satu dari Asia.

Wacana ini disebut-sebut sebagai upaya penghematan dana klub Liga 1 di tengah pandemi Covid-19. Berkurangnya satu pemain asing dianggap akan mengurangi sedikit pengeluaran per bulan 18 klub.

Tak semua klub setuju atas wacana ini. Bali United menjadi salah satu di antaranya, apalagi jika mengingat sejak awal tahun mereka sudah mengikat Melvin Platje, Brwa Nouri, Diego Assis Figueiredo, serta Willian Pacheco.

Bali United mengontrak empat pilar asing tak sekadar untuk Liga 1 2021, tetapi juga bersiap untuk Piala AFC 2021. Dalam regulasi ajang level kedua Asia ini, setiap klub berhak memainkan tiga pemain sing bebas serta satu berstatus pemain Asia.

"Ini pasti masalah buat klub yang sudah teken kontrak sama empat pemain asing. Bali United sudah planning buat empat pemain asing main di AFC Cup dan Liga 1. Kita sekarang sudah ada di bulan Mei," ucap Stefano Cugurra Teco.

Klub bukan sekadar bakal kerepotan andai wacana pengurangan pemain asing benar-benar diterapkan. Hal ini ditakutkan bakal berimbas pada Liga 1 2021.

"Tidak bagus. Pasti semua kualitas tim Liga 1 menurun," tutur pelatih asal Brasil ini.

1. Pemain Asing Bali United

Berat bagi Bali United ketika harus kehilangan satu pemain asing.

Saat ini, Bali United memang meminjamkan Melvin dan Nouri ke klub luar negeri. Melvin menjadi bagian tim Liga 2 Belanda, De Graafschap. Sementara Nouri jadi bagian tim liga utama Irak, Zakho Sport Club.

Namun, kedua pemain ini akan gabung latihan pada awal Juni mendatang. Stefano Cugurra Teco bahkan sudah punya antisipasi andai keduanya pulang ke Bali dalam kondisi fisik yang kurang mumpuni.

"Ketika datang nanti, kita harus lihat kondisi fisik mereka, agar bisa lihat mereka butuh program berbeda dari pemain lain atau tidak," jelas Teco.

Berat bagi Bali United ketika harus kehilangan satu pemain asing. Empat pemain ini merupakan bagian dari sistem yang dibangun Teco saat merancang tim pada awal tahun.

Melvin, Nouri dan Pacheco sukses membawa Bali United menjuarai Liga 1 2019. Sementara Diego Assis didatangkan untuk menggantikan Paulo Sergio yang mengundurkan diri pada awal Oktober 2020 lalu.