UNIKOLOGI.COM, Jakarta: Ajax Amsterdam berhasil memastikan diri merebut gelar liga Belanda atau Eredivisie ke-35 mereka pada Minggu (2/5/2021) usai memetik kemenangan dengan skor telak 4-0 atas Emmen di Amsterdam Arena.

Empat gol kemenangan Ajax atas Emmen masing-masing diciptakan oleh Jurrien Timber, Sebastien Haller, Devyne Rensch, dan Davy Klaassen.

Berkat hasil ini, raihan 79 poin Ajax sudah tak terkejar lagi oleh pesaing terdekatnya, PSV Eindhoven yang kini mengoleksi poin 65. Kompetisi musim ini sendiri masih menyisakan tiga pekan lagi.

Bagi Ajax, ini merupakan gelar Eredivisie mereka yang ke-35 sepanjang sejarah, sekaligus menegaskan dominasi tim ibu kota Belanda tersebut di dalam negeri.

Meskipun ada seruan dari pihak berwenang untuk menghindari pertemuan, ribuan penggemar berkumpul di sekitar stadion.

Pasukan Erik Ten Hag memegang keunggulan 15 poin atas tim di tempat kedua PSV Eindhoven, yang memiliki empat pertandingan untuk dimainkan termasuk pertandingan mereka melawan Heerenveen.

Ajax menyelesaikan torehan gelar ganda domestik dalam dua minggu setelah mengalahkan Vitesse Arnhem 2-1 di final piala KNVB.

Tidak ada juara yang dimahkotai musim lalu, yang terhenti pada awal Maret oleh pandemi Covid-19, dengan Ajax memimpin klasemen saat itu.

Ajax tampil sangat konsisten pada musim ini. Ajax tercatat konsisten memuncaki klasemen sejak pekan keenam hingga kini dipastikan menjadi juara.

Pasukan Erik ten Hag tercatat tak pernah menelan kekalahan dalam 20 laga terakhir, dengan 16 laga di antaranya sukses diakhiri dengan kemenangan.

Secara keseluruhan, hingga kini Ajax baru dua kali menelan kekalahan, dan sukses meraih 25 kemenangan serta empat kali hasil imbang.

Kesuksesan ini juga berkat tangan dingin Erik ten Hag di kursi pelatih. Pria berkepala plontos itu juga berandil membawa Ajax menjadi juara KNVB Beker alias Piala Belanda musim ini.

Beberapa waktu lalu, muncul rumor ketertarikan klub Premier League, Tottenham untuk menunjuk Erik ten Hag sebagai manajer baru mereka. Namun, upaya Spurs gagal berbuah kenyataan.

Pasalnya, secara resmi Ajax telah mengumumkan pada Jumat (30/4/2021) lalu bahwa mereka telah memperpanjang kontrak pelatih Erik Ten Hag hingga 2023, mengakhiri rumor bahwa ia akan pergi ke Borussia Dortmund di Bundesliga atau Tottenham di Liga Premier.

“Saya senang di Amsterdam dan manajemen meyakinkan saya bahwa skuad saat ini akan dipertahankan bahkan diperkuat di posisi tertentu,” ucap pelatih yang telah berada di Johan Cruyjff Arena sejak 2017 itu dilansir dari laman resmi Ajax Amsterdam, Senin (3/5/2021).