Besok, Tidak Ada KRL Transit di Stasiun Tanah Abang dari Jam 3-7 Malam

JawaPos.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan akan ada penyesuaikan waktu dari pemberangkatan dan kepulangan Kereta Commuter Indonesia (KCI). Hal itu akan diterapkan pada Senin (3/5) besok.

Perubahan jadwal Kereta Rel Listrik (KRL) ini akan berlaku pada waktu sore hingga malam. Mekanismenya adalah tidak ada kereta yang akan transit di Stasiun Tanah Abang untuk menaikkan dan menurunkan penumpang.

“Pukul 3 sore sampai 7 malam KCI tidak akan berhenti di Tanah Abang, sehingga tidak lagi angkut penumpang dari sana,” jelasnya di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Minggu (2/5).

Ia mengaku telah melakukan komunikasi dengan pihak PT KCI. Adapun, tujuan dari dilakukannya penyesuaian adalah agar tidak ada penumpukan penumpang di waktu yang bersamaan.

“Jam kedatangan orang kan beda-beda, tapi jam pulang bersamaan, karena itu mulai besok sore akan ada perubahan jadwal kereta KCI yang melintasi Stasiun Tanah Abang,” imbuhnya.

Pasalnya, diketahui juga bahwa sebanyak 45 ribu dari total pengunjung Pasar Tanah Abang sebesat 87 ribu pada Sabtu (1/5) kemarin menggunakan transportasi kereta api dalam perjalanannya. Oleh karenanya, mulai Senin (3/5) besok akan ada perubahan jadwal kereta.

Sebagai alternatif, Pemprov DKI pun akan menyediakan moda transportasi lain, yakni TransJakarta. Sedangkan untuk yang hendak datang ke Pasar Tanah Abang bisa menggunakan fasilitas lainnya.

“Alternatifnya, Pemprov menyediakan angkutan TransJakarta, bagi para penumpang, pedagang dan mereka yang datang ke pasar bisa menggunakan fasilitas lain,” pungkas Anies.