BPBD Kabupaten Sitaro dan Tim SAR Tahuna Latihan Bersama Penanganan Bencana
Suasana pelatihan bencana yang digelar oleh BPBD Kabupaten Sitaro dan Tim SAR Pos Tahuna di Pulau Mahoro

SITARO - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sitaro dan Tim SAR Pos Tahuna, menggelar latihan bersama, sejak Jumat (30/4) hingga Sabtu (1/5) kemarin. Kegiatan yang dilaksanakan di Pulau Mahoro ini, sebagai upaya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam penanganan darurat bencana.

Kepala Pelaksana BPBD Sitaro, Bob Ch Wuaten mengatakan dalam kegiatan kolaboratif ini, para peserta dibekali dengan dengan berbagai metode pelatihan, seperti penanganan korban saat kejadian bencana di darat maupun ketika terjadi peristiwa bencana di laut.

"Mereka (peserta) dibekali dengan metode pelatihan penanganan korban khususnya ketika peristiwa bencana terjadi. Semua diajari soal teknik penyelamatan khusus bagi korban akibat bencana, baik itu kejadiannya di darat atau pun di laut," ujar Wuaten, Minggu (2/5).

Peningkatakan kapasitas SDM ini menurut Wuaten sangat penting bagi Kabupaten Kepulauan Sitaro. Kata Wuaten, sebagai daerah dengan sembilan jenis bencana, maka kemampuan para petugas di lapangan harus terus ditingkatkan setiap waktu.

"Dari BPBD diikuti Tim Reaksi Cepat, dan ada sejumlah relawan yang ada. Pelatihan ini sudah menjadi agenda pemerintah daerah, agar para petugas penanganan darurat kebencanaan di daerah benar-benar memiliki kemampuan yang lebih memadai lagi," ucapnya kembali.

franky salindeho