Cegah Kecurangan Dalam Pelayanan, BPJS Kesehatan Gandeng Banyak Pihak
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Banyuwangi Wahyu Santoso mengatakan, BPJS Kesehatan dalam penyelenggaraan Program JKN-KIS (Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indon

RadarBanyuwangi.id – Kepala BPJS Kesehatan Cabang Banyuwangi Wahyu Santoso mengatakan, BPJS Kesehatan dalam penyelenggaraan Program JKN-KIS (Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat) selalu bertindak profesional dan akan mencegah Kecurangan dalam pelayanan. Salah satu kecurangannya adalah di pelayanan rujukan. Menurutnya, BPJS Kesehatan tidak bisa bekerja sendiri dalam mencegah kecurangan tersebut, harus banyak pihak yang mendukung mulai dari fasilitas kesehatan dan pemangku kepentingan lainnya.

“Kecurangan bisa dilakukan oleh oknum siapapun, di manapun dan kapanpun. Maka dari itu, mari kita sama-sama cegah agar kecurangan tidak terjadi,” ujar Wahyu.

Wahyu mengungkapkan, sesuai dengan Peraturan BPJS Kesehatan Nomor 06 Tahun 2020, di pasal 10 disebutkan bahwa, untuk pendeteksian potensi kecurangan, BPJS Kesehatan membentuk unit kerja yang bertanggung jawab atas fungsi pencegahan kecurangan. Mulai dari BPJS Kesehatan, Fasilitas Kesehatan dan Pemangku Kepentingan lainnya.

“Kita merujuk kepada pasal 10 Peraturan BPJS Kesehatan Nomor 06 Tahun 2020, di mana kita harus sama-sama bertanggung jawab dan memastikan tugas dari tim pencegahan tersebut,” ucap Wahyu.

Wahyu menambahkan, sanksi yang dapat dikenakan kepada oknum baik dari peserta, petugas BPJS Kesehatan, Fasilitas Kesehatan maupun pemangku kepentingan terkait sudah diatur sesuai ketentuan. Dia mencontohkan, jika ada kecurangan oleh oknum peserta saat di rumah sakit, maka SEP (Surat Eligibilitas Peserta) akan dibatalkan dan dilakukan penanganan sesuai ketentuan yang ada.

“Akan kita berikan sanksi dan akan ditindak sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” pungkasnya.

Di waktu yang sama, Ketua Tim Pencegahan Kecurangan JKN dari unsur FKRTL (Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut) Praseto mengungkapkan, bahwa kecurangan ini harus kita cegah dan harus menjadi tanggung jawab bersama. Disisi lain, kita program JKN-KIS ini harus tetap berjalan dan pastinya, masyarakat bisa terus terbantu dalam hal pelayanan kesehatan.

“Kita sebagai tim pencegahan harus siap dan pastinya harus bisa menghindari kecurangan ini agar program JKN-KIS bisa terus berjalan,” ungkapnya.

Di akhir, Wahyu Santoso yang juga menjabat sebagai ketua tim Pencegahan Kecurangan Kantor Cabang Banyuwangi berpesan kepada semua pihak terkait agar berhati-hati dan bersama mencegah terjadinya kecurangan yang ada. Hal itu demi keberlangsungan program JKN-KIS yang lebih baik.

“Kecurangan harus kita hindari dan kita semua pasti bisa mencegah kecurangan ini dengan saling bersinergi,” tutupnya. (*)