Bus Damri.
Bus Damri.

PONTIANAK, iNews.id - Perum Damri melakukan penyesuaian terkait larangan mudik 6-17 Mei. Damri hanya akan melayani rute Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP).

"Sedangkan untuk layanan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan luar negeri ditiadakan," kata General Manager Perum Damri Cabang Pontianak, Heri Indra Setiawan di Pontianak, Jumat (7/5/2021).

Kendati melayani rute AKDP, Damri tetap akan mengikuti Surat Edaran (SE) Satgas Penanganan Covid-19 dan Gubernur Kalimantan Barat.

Salah satunya yakni kewajiban penumpang menyertakan surat keterangan sehat bebas Covid-19 dari rapid antigen atau GeNose. Penumpang baru bisa mengikuti perjalanan jika telah memiliki surat itu.

"Jadi penumpang harus memenuhi syarat untuk bisa melakukan perjalanan. Jika semua ada maka bisa untuk kita layani," tuturnya.

Dengan adanya  larangan mudik, akan ada penurunan jumlah penumpang dari berbagai rute yang dilayani. Aktivitas masyarakat terbatas maka mobilitas juga sejalan. Damri akan melakukan penyesuaian hanya beberapa armada saja yang dibutuhkan.

“Kami sediakan armada dan untuk berapa disesuaikan dengan jumlah penumpang. Kami terus mengimbau kepada penumpang selain memenuhi ketentuan atau aturan yang ada pemerintah juga ketat menerapkan protokol kesehatan pencegahan wabah Covid-19," katanya.