DPKPP Klaten Pastikan Stok Beras Cukup hingga Lebaran
KLATEN - Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Klaten memastikan jika stok beras masih mencukupi hingga Lebaran mendatang. Stok beras masih ama

KLATEN - Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Klaten memastikan jika stok beras masih mencukupi hingga Lebaran mendatang. Stok beras masih aman karena saat ini Klaten masih memasuki musim panen raya.

“Panen raya di Klaten berlangsung selama Maret-April ini. Ada pun luas pada Maret sekitar 11.300 ha dan April 10.200 ha. Pada Maret-April yang panen raya itu sekitar 65 persen dari total luasan sawah di Klaten,” jelas Kepala DPKPP Klaten Widiyanti.

Lebih lanjut, Widiyanti menjelaskan, untuk luasan panen raya pada Mei masih ada 4.500 ha dan Juni 6.000 ha. Maka itu sepanjang musim panen raya itu untuk produksi beras di Klaten diperkirakan mencapai 77.000 ton. Sementara rata-rata konsumsi beras warga Kota Bersinar sekitar 10.545 ton per hari.

Insyaallah untuk stok aman hingga lebaran nanti. Prediksi panen raya pada April-Juni jika dihitung untuk kebutuhan pangan sampai Oktober mendatang masih aman kok,” jelas Widiyanti.

Sementara itu, diakuinya untuk harga gabah hingga kini masih rendah pada kisaran Rp 3.500-3.600 per Kg. Diharapkan harga gabah tidak semakin anjlok maka itu Bulog telah menyepakati untuk melakukan penyerapan gabah petani Klaten. Dari informasi yang dihimpun DPKPP jika Bulog ditargetkan dapat melakukan penyerapan hingga 25.000 ton gabah kering giling (GKG).

“Untuk pembelian gabah Bulog ke petani itu sesuai dengan harga pembelian pemerintah (HPP) yakni Rp 4.200 per Kg untuk gabah kering panen (GKP) dan Rp 5.200 per Kg untuk GKG. Bisa diserap Bulog kalau kadar air maksimal 25 persen untuk GKP dan kadar air maksimal 14 persen untuk GKG,” jelasnya.

Terkait penyerapan gabah petani yang telah dilakukan Bulog sampai saat ini, Widiyanti belum mengetahui secara pasti. Meski begitu pada awal April lalu Bulog sudah melakukan penyerapan sebanyak 1.600 ton GKP. Meski begitu pada prinsipnya penyerapan yang dilakukan Bulog selama harga gabah masih di bawah HPP.

Wakil Bupati Klaten Yoga Hardaya sebelumnya juga memastikan  stok beras di Klaten bisa mencukupi hingga lebaran nanti. Apalagi saat ini Klaten memiliki hasil panen yang melimpah sehingga untuk kebutuhan beras bakal tercukupi.

“Sampai dengan Juni 2021 diperkirakan surplus beras di Klaten sebanyak 75.000 ton. Maka itu saya himbau kepada warga Klaten khususnya untuk membeli beras lebih baik membeli dari hasil petani di Klaten saja. Jangan beli di luar,” pungkasnya. (ren/nik)