Hari Pertama Larangan Mudik, 73 Kendaraan Putar Balik
Di tengah larangan tegas mudik Lebaran, sejumlah pemudik tetap saja nekat menerobos perlintasan antar provinsi dan berharap lolos penyekatan…

Radar Tuban – Di tengah larangan tegas mudik Lebaran, sejumlah pemudik tetap saja nekat menerobos perlintasan antar provinsi dan berharap lolos penyekatan. Pada hari pertama larangan mudik kemarin (6/5), petugas menghentikan ratusan kendaraan. Dari jumlah tersebut, 73 kendaraan di antaranya diminta putar balik.

Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono menjelaskan, penyekatan dilakukan kemarin tepat tengah malam pukul 00.00. Sejak tengah ma lam hingga kemarin pukul 10.00, terjaring ratusan kendaraan yang dihentikan petugas. Dari jumlah tersebut 73 kendaraan diminta putar balik karena berpenumpang pemudik.

Rinciannya, 2 bus, 26 mobil, dan 45 sepeda motor. Sementara sisanya kendaraan yang diperbolehkan melintas adalah angkutan barang dan makanan. Ruruh menjelaskan, sasaran utama penyekatan adalah kendaraan pribadi yang masuk Jawa Timur. ‘’Yang diminta putar balik karena hampir dipastikan mereka mengangkut pe mudik,’’ tugasnya.

Sementara itu, kemarin sekitar pukul 12.00 di amankan satu mobil travel yang mengangkut pemudik dari Rembang tujuan Tuban. Mobil Toyota Hiace nopol DK 7412 FC tersebut meng angkut empat penumpang. Setelah dihentikan, dilakukan rapid test.

Hasilnya, pengemudi atas nama Ixbal Fla dirico, 23, asal Singosari, Malang dinyatakan reaktif. Sementara empat penumpangnya nonreaktif. Pengemudi yang reaktif tersebut langsung dibawa ke Stadion Bumi Wali untuk swab test dan diisolasi selama 14 hari.

Sementara dua penumpang yang duduk dekat sopir dikarantina di Posko PPKM Mikro Kecamatan Tambak boyo untuk penanganan lebih lanjut. Dua penumpang lain diantar Satlantas Polres Tuban kembali ke Rembang, titik keberangkatan awal.‘’Dilakukan tilang. Kendaraan travel gelap tersebut dia mankan di Mapolres Tuban,’’ ujar Ruruh.