Pelatih PSV Eindhoven Roger Schmidt/8by8mag.com
PSV gagal memaksimalkan status sebagai tuan rumah dan dipaksa imbang Heerenveen, hasil yang membuatnya rentan melorot dari posisi kedua yang merupakan slot kualifikasi Liga Champions.

UNIKOLOGI.COM, JAKARTA – PSV Eindhoven belum mampu mengamankan posisi kedua klasemen Eredivisie Belanda setelah di kandang sendiri, Stadion Philips, dipaksa imbang 2–2 oleh tamunya, Heerenveen.

Dalam pertandingan pekan ke-31 pada Minggu (2/5/2021) malam WIB, Tibo Halilovic membuka skor untuk Heerenveen pada menit ke-34, tetapi PSV membalkikkan kedudukan lewat dua gol dalam 2 menit.

Yorbe Vertessen menyamakan skor menjadi 1–1 pada menit ke-57 dan semenit kemudian Cody Gakpo menjadikan skor 2–1 untuk pasukan Roger Schmidt.

Namun, keunggulan PSV hanya bersifat sementara dan gagal berujung kemenangan setelah Heerenveen mampu menghasilkan gol kedua lewat Siem de Jong semenit berikutnya, sehingga terjadi tiga gol dalam 3 menit dan pertandingan usai dengan skor imbang 2–2.

Dengan hanya mendapatkan tambahan 1 poin, sekarang PSV mengoleksi nilai 65, di belakang Ajax Amsterdam (79) yang telah dipastikan menjadi juara sejak matchday ke-30 setelah menaklukkan AZ Alkmaar.

Namun, posisi kedua milik PSV masih rentan digusur AZ Alkmaar yang kini ada di setrip mketiga klasemen sementara dengan koleksi poin 54 setelah sehari sebelumnya menaklukkan RKC Waalwijk 3–1.

Dengan sisa tiga putaran lagi, posisi PSV di setrip kedua belum aman, masih sangat mungkin digeser AZ, yang musim lalu finis di posisi kedua di belakang Ajax dengan nilai sama-sama 56, hanya kalah selisih gol, tanpa ada tim juara lantaran kompetisi disetop akibat Covid-19.

Tim yang finis di peringkat kedua klasemen Eredivisie mendapatkan jatah tiket kualifikasi Liga Champions Eropa musim depan. Eredivisie hanya mendapatkan jatah satu tiket langsung masuk fase grup Liga Champions musim depan, yakni untuk tim juara, Ajax.

Sementara itu, Hereenveen, yang ditangani pelatih Johnny Jansen, menempati peringkat ke-11 dengan koleksi nilai 38, sudah aman dari jangkauan tim-tim yang berada di zona merah degradasi.

Hasil lengkap pekan ke-31: Heracles 4 vs VVV Venlo 0; Fortuna Sittard 3 vs Twente 0; RKC Waalwijk 1 vs AZ Alkmaar 3; Vitesse 2 vs PEC Zwolle 1; Utrecht 3 vs Willem II 2; ADO Den Haag 3 vs Feyenoord 2; Ajax 4 vs Emmen 0; Groningen 1 vs Sparta Rotterdam 2; PSV 2 vs Heerenveen 2.