Juara dunia tiga kali ganda putra, Mohammad Ahsan kini mulai asik menekuni hobi baru, yaitu memelihara burung.

Hal ini bermula ketika ia berkunjung ke rumah temannya dan mendengar suara burung di halaman. Ahsan kemudian tertarik untuk ikut memelihara burung.

“Rasanya kok tenang dengar suara burung di halaman rumah. Terus jadi kepengen juga. Terinsipirasinya dari situ. Baru akhirnya kontak koh Herry (Iman Pierngadi) untuk tanya-tanya,” cerita Ahsan kepada Bolalob.

Pelatih ganda putra, Herry Iman Pierngadi memang telah lama menekuni hobi dalam memelihara burung. Bahkan tak jarang burung peliharaannya itu bisa memenangkan kontes.

“Sama koh Herry terus dikasih rekomendasi, burung yang tidak begitu susah untuk dirawat. Paling kaya kasih makan sama bersihin kandang. Kata Koh Herry burung kenari aja. Sekarang saya punya empat. Beli di tempat rekomendasi koh Herry dua ekor kenari. Terus kakak saya juga ngasih satu burung kenari dan satu love bird,” ungkap Ahsan.

Meski senang memelihara burung, Ahsan mengatakan tak berminat untuk menambah peliharaannya atau mengikuti lomba-lomba. Pasalnya ia mengaku belum terlalu telaten dalam memelihara burung.

“Kemarin juga belum apa-apa udah kejadian. Saya habis ngasih makan terus lupa nutup kandang. Hampir empat jam kali ya, saya tinggal tidur. Untungnya anak saya lihat dan ngasih tau, Babah itu burungnya kabur dari kandang, katanya,” cerita Ahsan.

“Pas saya lihat, tiga kandang pintunya kebuka semua. Satu burung masih di dalam, satu di luar tapi masih nempel di atas kandang, yang satu udah terbang nggak tau kemana, ha ha ha,” lanjutnya lagi.

Insiden lupa menutup kandang kemudian Ahsan ceritakan ke pelatihnya. Oleh Herry, Ahsan kemudian diberikan satu lagi burung kenari.

“Jadi sekarang jumlahnya balik empat lagi. Pas juga kemarin burung-burung peliharaan koh Herry yang di Pelatnas kan mau dibawa pulang semua. Karena libur lebaran, nggak ada karyawan yang bisa bantu urusin burung di sana. Selama libur nanti Pelatnas tertutup buat karyawan, kaya lockdown gitu. Jadi akhirnya saya disuruh bawa burung kenari lagi satu ekor,” jelas Ahsan.