Hantu nenek-nenek mana yang paling seram?

Salah satu di antara sekian banyak jenis hantu yang ditakuti adalah hantu berwujud nenek-nenek. Selain perawakannya yang menakutkan, suaranya yang terdengar (sedikit) serak membuat semua orang yang bertemu lari ketakutan. Terlebih kalau ternyata hantu nenek yang ditemuinya memiliki kemampuan lain, seperti dapat terbang hingga dapat berlari dengan sangat cepat.Beuh, pasti ngeri deh!

Nah, berkaitan dengan hal itu, kali ini Keepo akan menulis tentang kumpulan legenda hantu nenek-nenek yang ada di seluruh dunia. Penasaran?

1.Onibaba

mubi.com
mubi.com

Legenda hantu nenek-nenek yang pertama adalah Onibaba. Legenda hantu nenek-nenek ini berasal dari cerita rakyat Jepang. Onibaba dikenal sebagai hantu wanita yang berubah menjadi oni (setan) karena masih memendam dendam pada saat meregang nyawa. Selain itu, mereka meninggal karena karma atas perbuatan buruk yang dilakukannya.

Karakter hantu ini sering muncul dalam legenda, dongeng, serta teater di Negeri Sakura. Dua di antaranya yang sering dipentaskan ataupun diceritakan adalah kisah Momiji Densetsu dari Tokugashi dan Suzuki Gozen.

2.Baba Yaga

en.wikipedia.org
en.wikipedia.org

Legenda hantu nenek-nenek yang selanjutnya adalah Baba Yaga. Legenda hantu ini berasal dari kepercayaan masyarakat Rusia. Baba Yaga digambarkan sebagai makhluk dengan wujud seperti wanita tua yang memiliki kemampuan untuk terbang dengan menggunakan palu besar dari kayu miliknya.

Baba Yaga dipercaya hidup di dalam hutan yang sangat gelap. Ia diyakini sebagai makhluk jahat yang senang mengganggu manusia. Bahkan ia tidak segan untuk memantrai manusia sehingga menjadi gila dan akhirnya terjebak di dalam hutan untuk selamanya.

3.Nenek Kebayan

www.flickr.com
www.flickr.com

Kisah hantu ini berasal dari negeri tetangga, Malaysia. Sosok Nenek Kebayan digambarkan sebagai sosok wanita tua renta dengan rambut putih dan mengenakan pakaian lusuh. Ia memiliki mata merah menyala sehingga dapat membuat anak-anak menjerit ketakutan.

Ada beberapa versi tentang kehadiran hantu yang satu ini. Ada yang mengatakan kalau Nenek Kebayan tinggal di langit-langit rumah sambil menuggu malam tiba sehingga ia bisa menakut-nakuti penghuni rumah yang sedang tidur.

Ada juga yang mengatakan kalau dia tinggal di wilayah pegunungan. Orang-orang pun meyakini banyak yang pergi mengunjunginya guna mendapatkan sebuah pusaka.

4.Hantu nenek-nenek dari Ostankino

iyakan.net
iyakan.net

Kembali ke Rusia, kali ini ada legenda hantu nenek-nenek yang kerap menampakkan diri di Distrik Ostankino, Moskow. Legenda tentang keberadaanya sudah beredar sejak lima abad yang lalu.

Hantu nenek-nenek itu diyakini sebagai hantu yang bijaksana dan akan mengunjungi beberapa penguasa Rusia untuk memperingatkan akan adanya marabahaya. Hantu tersebut akan memberi tahu para penguasa tentang ciri-ciri bahaya yang akan datang.

Selain itu, hantu ini juga akan memberi tahu kepada mereka agar tidak mengolah tanah di tempat ia menampakkan diri karena akan berakibat fatal. Legenda menyebutkan bahwa pernah ada satu Tsar (kaisar Rusia) yang mengindahkan peringatan dari hantu tersebut.

Sang kaisar malah memerintahkan kepada para prajurit untuk menanam pohon di tempat hantu itu muncul. Akibatnya roh-roh yang menempati tanah tersebut merasa terganggu dan akhirnya merasuki puluhan warga lokal. Ngerinya, roh-roh yang marah itu membuat mereka yang dirasuki melakukan tindakan bunuh diri!

5.Nenek Gayung

www.youtube.com
www.youtube.com

Kenapa disebut Nenek Gayung? Karena hantu ini ketika muncul terlihat membawa segulung tikar dan sebuah gayung. Hantu ini sempat menghebohkan warga Jakarta dan sekitarnya karena dipercaya sebagai hantu yang mencari tumbal untuk pembangunan jalur busway.

Hantu ini digambarkan sebagai sosok wanita tua renta yang tengah berdiri kebingungan di tepi jalan. Konon katanya, tikar dan gayung yang dibawanya merupakan alat yang bakalan dia gunakan ketika memandikan jenazah orang yang dijadikan tumbal.

Selain itu, ada pula yang meyakini jika seseorang mengajaknya berbicara, maka nyawa orang tersebut akan melayang dalam waktu beberapa hari di tangan nenek tersebut. Sosok dari hantu ini pun sempat diabadikan ke dalam layar lebar meskipun rumor keberadaannya hanya berlangsung sekejap.

Itu dia beberapa legenda hantu nenek-nenek yang ada di seluruh dunia. Apa kamu tahu atau memiliki kisah tentang hantu nenek-nenek dari negara lain? Yuk, di-share di sini!