Inter Milan resmi juara Liga Italia. (REUTERS/ALESSANDRO GAROFALO)
Inter Milan resmi juara Liga Italia. (REUTERS/ALESSANDRO GAROFALO)

Inter Milan resmi juara Liga Italia musim ini setelah Atalanta ditahan imbang Sassuolo 1-1 di Stadion Mapei pada pekan ke-34, Minggu (2/5).

Kegagalan Atalanta meraih kemenangan dalam laga tandang melawan Sassuolo membuat Inter juara sebelum musim ini berakhir. Klub berjuluk Nerazzurri itu juara Serie A 2020/2021 dengan menyisakan empat pertandingan.

Bermain di kandang Sassuolo, Atalanta dipaksa tampil dengan 10 orang sejak menit ke-23 setelah Pierluigi Gollini dikartu merah karena melakukan pelanggaran terhadap Jeremie Boga.

Meski kalah jumlah pemain, Atalanta bisa unggul lebih dahulu melalui gol Robin Gosens di menit ke-32 usai memanfaatkan assist Ruslan Malinovsky.

Gol balasan dari Sassuolo tiba di babak kedua, tepatnya di menit ke-52 melalui tendangan penalti Domenico Berardi. Penalti itu diberikan setelah Rafael Toloi melakukan pelanggaran terhadap Hamed Traore.

Manuel Locatelli sebenarnya bisa membobol gawang Atalanta di menit ke-64, akan tetapi, gol itu dianulir wasit lantaran lebih dahulu dalam posisi offside.

Pada menit ke-75, giliran Sassuolo yang bermain dengan 10 orang setelah Marlon dikartu merah karena menerima kartu kuning kedua.

[Gambas:UNIKOLOGI.COM]

Striker Luis Muriel sebenarnya bisa membawa Atalanta menang 2-1 dan menghambat Inter juara lebih cepat. Akan tetapi, tendangan penalti Muriel di menit ke-77 gagal berbuah gol usai ditepis kiper Andrea Consigli.

Hasil imbang Atalanta dengan Sassuolo itu secara otomatis menobatkan Inter Milan sebagai juara Liga Italia musim ini.

Di klasemen Serie A, Inter kini unggul 13 poin atas Atalanta. Sekalipun Inter kalah dan Atalanta menang dalam empat poin tersisa, Atalanta sebagai pesaing terdekat saat ini tidak akan bisa menyalip poin Inter.