Ilustrasi Ramadan (Foto: Pixabay)
Ilustrasi Ramadan (Foto: Pixabay)

JAKARTA, iNews.id - Ibadah puasa sudah memasuki hari ke-25 Ramadan 1442 Hijriah pada Jumat (7/5/2021). Waktu berbuka puasa pada perlu disimak karena wilayah Indonesia memiliki jadwal yang berbeda-beda, termasuk untuk Kota Manado dan sekitarnya di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Untuk memudahkan umat menjalankan salat dan ibadah puasa, iNews.id menyediakan informasi jadwal setiap hari. Jadwal ini dikutip dari situs resmi Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama (Kemenag).

Jadwal salat di wilayah Kota Manado pada Jumat hari ini untuk Asar pukul 15:01. Jam berbuka puasa atau Magrib pukul 17.46. Selanjutnya waktu Isya mulai pukul 18.57 serta dilanjutkan dengan salat Tarawih.

Sementara untuk jadwal imsakiyah hari ke-26 Ramadan pada Sabtu (8/5/2021) besok terhitung pukul 04:04. Kemudian waktu Subuh pukul 04:14 dan terbit matahari atau fajar pukul 05:29 serta awal Duha pukul 05:57. Kemudian salat Zuhur pukul 11:41.

Kemenag menyarankan agar kegiatan sahur dan buka puasa bersama dilakukan di rumah masing-masing. Hal ini dalam rangka mencegah penularan Covid-19.

Selain kegiatan sahur dan buka puasa bersama, sejumlah kegiatan masyarakat lainnya yang menjadi budaya di bulan Ramadan seperti ngabuburit, hingga takbir keliling sebaiknya tidak dilakukan mengingat penularan Covid-19 masih terjadi di Indonesia.

Kemenag juga telah menerbitkan Surat Edaran Menag Nomor 04/2021 sudah mengatur tentang bagaimana pelaksanaan kegiatan ibadah selama bulan Ramadan, sehingga dibutuhkan kesadaran umat Islam untuk menjalankannya.