Aryna Sabalenka tampil apik di babak kedua Madrid Open 2021

Berita Tenis: Dua petenis peringkat 10 besar, Aryna Sabalenka dan Karolina Pliskova mendapatkan hasil yang berbeda di babak kedua Madrid Open musim 2021.

Mempertahankan performa solid yang mengantarkannya ke final Stuttgart Open pekan lalu, petenis unggulan kelima, Sabalenka dengan mudah mengandaskan petenis berkebangsaan Rusia, Daria Kasatkina dengan 6-3, 6-3.

Namun, petenis unggulan keenam, Pliskova harus bertekuk lutut di hadapan rekan senegara Kasatkina, Anastasia Pavlyuchenkova yang mengukir kemenangan 6-0, 7-5. Setelah kalah di enam pertemuan pertama melawan petenis unggulan keenam, petenis veteran Rusia kini memenangkan dua pertemuan terakhir melawan petenis berkebangsaan Ceko.

Petenis berkebangsaan Belarusia mengantongi kemenangan ke-20 pada musim ini setelah bertarung selama 79 menit melawan petenis peringkat 37 dunia, Kasatkina, sehingga kini ia mencatatkan 6-1 di turnamen clay-court musim 2021.

Mantan petenis peringkat 10 dunia, Kasatkina yang melaju ke perempatfinal Madrid Open musim 2018, melalui musim 2021 yang impresif setelah pada musim 2021 ia telah mengantongi dua gelar, yakni di Phillip Island Trophy, Melbourne dan St. Petersburg Open.

Namun, permainan penuh tenaga petenis peringkat 7 dunia, Sabalenka terlalu berlebihan bagi Kasatkina setelah petenis berkebangsaan Belarusia menghasilkan 40 winner, jauh lebih banyak dibandingkan petenis berkebangsaan Rusia yang hanya menembakkan sembilan winner. Selain itu, petenis unggulan kelima juga mengkonversi empat dari sepuluh peluang break point yang ia ciptakan.

Melaju ke babak ketiga Madrid Open untuk kali pertama, Sabalenka selanjutnya akan berhadapan dengan petenis unggulan ke-12 sekaligus rekan senegaranya, Victoria Azarenka atau petenis AS, Jessica Pegula.

Sementara itu, Pavlyuchenkova mengklaim kemenangan lain dalam kariernya atas petenis peringkat 10 besar, tetapi menjadi kemenangan pertama atas petenis di peringkat tersebut sejak ia mengalahkan Belinda Bencic di Dubai musim lalu.

Petenis peringkat 41 dunia, Pavlyuchenkova menaklukkan petenis berkebangsaan Ceko, Pliskova dengan menembakkan 20 winner dan melakukan 14 unforced error, serta mematahkan servisnya dalam lima kesempatan.

Sebaliknya, 13 winner yang dihasilkan petenis peringkat 9 dunia, Pliskova dibayang-bayangi oleh 28 unforced error yang mengalir dari raketnya. Ia juga melakukan tujuh pelanggaran ganda dan hanya bisa mematahkan servis petenis berkebangsaan Rusia sebanyak satu kali.

Di babak ketiga Madrid Open, Pavlyuchenkova akan menantang petenis unggulan ke-11, Jennifer Brady atau petenis berkebangsaan Latvia, Jelena Ostapenko.