Keutamaan Salat Fajar
RASULULLAH SAW menganjurkan umat-Nya untuk melaksanakan salat sunnah Fajar. Dijalankan dua rakaat sebelum salat Subuh. Karena salat sunnah ini memiliki keutamaa

RASULULLAH SAW menganjurkan umat-Nya untuk melaksanakan salat sunnah Fajar. Dijalankan dua rakaat sebelum salat Subuh. Karena salat sunnah ini memiliki keutamaan yang lebih baik dari dunia seisinya.

Rasulullah berkata: “Dua rokaat sholat  fajar itu lebih utama dari dunia dan seisinya.” (HR. Muslim). “Artinya, Allah bakal memberikan ganjaran yang sangat besar,” ungkap Kepala Madrasah Aliyah (MA) Pondok Pesantren Modern Islam (PPMI) Assalaam Farid Akbar kepada Jawa Pos Radar Solo, kemarin (30/4).

Keutamaan lain dari salat Fajar bagi umat muslim yang menjalankannya, lanjut Farid, yakni meneladani Rasulullah SAW. Bahwa Rasulullah SAW merupakan umat Allah SWT yang sangat menjaga salat.

“Umat muslim yang meneladani kebiasaannya, termasuk bukti cinta mereka kepada Rasulullah SAW. Sementara itu, orang yang cinta Rasulullah SAW digolongkan sebagai ahli surga,” imbuh Farid.

Salat Fajar jika dikerjakan, akan memberikan kesempurnaan. Tata cara salat ini, dimulai dari niat qobliyah Subuh. Kemudian takbiratul ihram, iftitah, dan membaca surah Al-Fatihah. Dilanjut membaca surah yang lain, rukuk, iktidal, serta sujud pertama. Lalu duduk di antara dua sujud, kemudian sujud kedua. Bangkit berdiri menuju rakaat kedua.

Dilanjut mengulang gerakan dan bacaan seperti rakaat pertama tanpa doa iftitah. Lanjut duduk tahiyat dan ditutup salam. “Tata cara ini tidak jauh berbeda dengan salat yang lainnya. Dilakukan dua rakaat. Hanya, yang membedakan di niatnya saja,” ungkap Farid.

Sekretaris PPMI Assalaam Surakarta Arkanudin Budiyanto menambahkan, keutamaan salat Fajar, yakni ittiba' (mengikuti) Rasulullah SAW. Kemudian diselamatkan dari api nekara, pahala tak terbatas, mendapat perlindungan dari Allah SWT, dibangunkan rumah di surga, sumber cahaya di saat kiamat, serta waktu yang penuh iman dan ilmu. “Salat Fajar, merupakan sunnah yang selalu dijaga Rasulullah SAW,” hematnya. (mg1/mg5/fer)