Kisah Kim Namjoon BTS Gagal Audisi Hingga Jadi Bintang K-Pop yang Mendunia

SIAPGRAK.COM - Membicarakan tentang BTS memang tidak ada habisnya, berbagai perjuangan hingga berbagai prestasi memang telah menjadi rahasia umum dikalangan penggemar K-Pop khususnya ARMY. Hal ini juga tidak jauh dari sang leader yang selalu menguatkan member lain untuk selalu yakin.

Meskipun begitu, pemilik nama panggung RM ini pernah mengalami masa-masa yang cukup sulit sebelum namanya sebesar sekarang. Lahir di Dongjak Gu, Korea Selatan pada 12 September 1994, RM merupakan anak tertua dari dua bersaudara, ia memiliki adik perempuan.

Sejak kecil ia menyukai belajar, tidak mengherankan karena pemilik nama asli Kim Namjoon ini memiliki IQ 148! Ia juga menyukai puisi, bahkan ia pernah memposting karya-karyanya di situs puisi online.

Karirnya sebagai musisi diawali ketika ia tertarik pada musik hip-hop setelah mendengar ‘Fly’ dari Epik High di kelas lima. Sejak saat itu ia terus menggali lebih dalam mengenai genre hip hop, hingga mencoba untuk menulis lirik.

Pada tahun 2007, sebagai siswa sekolah menengah tahun pertama, RM mulai nge-rap di lingkaran hip-hop amatir lokal, membuat rekaman yang dibuat sendiri untuk pertama kalinya menggunakan program Adobe Audition atau Cool Edit.

Dia kemudian berpartisipasi dalam konser pertamanya pada tahun 2008. RM akhirnya menjadi lebih aktif dalam kancah hip-hop bawah tanah Korea di bawah nama ‘Runch Randa’, merilis sejumlah lagu dan kolaborasi dengan rapper underground lainnya, seperti Zico

Pada tahun 2009, RM mengikuti audisi untuk Big Deal Records, melewati babak pertama bersama dengan Samuel Seo tetapi gagal di babak kedua karena ia lupa semua liriknya. Namun, setelah audisi, rapper Sleepy bertukar informasi kontak dengan RM, dan memperkenalkannya kepada produser Big Hit Entertainment, Pdogg.

Tahun berikutnya, Sleepy kembali menghubungi RM dan menyuruhnya untuk mengikuti audisi Big Hit. Bang Shin Hyuk kemudian menawarkan RM untuk menjadi trainee dan tanpa sepengetahuan orang tuanya, RM segera menerima tawaran tersebut.

Hal ini membuat Bang Shin Hyuk mulai memproduksi grup hip hop, yang akhirnya menjadi grup idola terkenal, BTS. Selama karirnya sebagai idola, dia juga merupakan mahasiswa di Global Cyber ​​University.

RM berlatih selama tiga tahun bersama dengan Min Yoon Gi dan  Jung Hoseok, atau yang lebih dikenal dengan Suga dan J-Hope. Selama tiga tahun menjalani trainee, RM tampil di lima lagu pra-debut yang dikreditkan ke BTS pada tahun 2010 dan 2011.

Dia juga bekerja sebagai penulis lagu untuk girl grup Glam dan membantu menulis single debut mereka, ‘Party (XXO)’, yang masuk ke dalam Billboard sebagai ‘One of The Most Forward Thinking Songs out of a K-pop Girl Group in The Past Decade’.

Hingga pada 13 Juni 2013, RM melakukan debutnya sebagai member BTS bersama dengan Jin, Suga, J-Hope, Jimin, Kim Taehyung atau V, dan Jungkook dengan lagu debut mereka berjudul ‘No More Dream’.