Komisi B DPRD Jepara Dorong Peningkatan Program Budidaya Perikanan
Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jepara audiensi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI belum lama ini.

JEPARA –Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jepara audiensi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI belum lama ini. Komisi B meminta kementerian untuk men-support program perikanan budidaya di Jepara. Begitu juga dengan Pemkab Jepara agar memanfaatkan berbagai program maupun bantuan kementerian bisa diterapkan di Jepara.

Rombongan anggota Komisi B, Wakil Ketua DPRD Jepara Nuruddin Amin dan Kepala Dinas Perikanan Jepara Wasiyanto diterima Direktur Produksi dan Usaha Budidaya KKP RI Arik Hari Wibowo.

Ketua Komisi B DPRD Jepara Nur Hamid mengatakan kedatangan dewan dan dinas ke kementerian untuk meminta support baik sisi pendanaan maupun program budidaya dari kementerian. Hal itu untuk mendorong potensi budidaya perikanan terutama air payau di Jepara.

”Sementara didominasi wilayah Donorojo. Potensi ini kami ingin ada dukungan dari kementerian. Kalau bisa menjangkau wilayah lain yang memiliki potensi yang sama namun butuh sentuhan,” ujarnya.

Pihaknya terus mendorong KKP agar mengawal Kampung Bandeng di Desa Ujungwatu dan Clering, Kecamatan Donorojo. Pemkab juga diharapkan intens menyampaikan usulan program yang menjadi kewenangan kementerian.

Menurutnya banyak program pemberdayaan maupaun pemenuhan sarpras yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan budidaya perikanan di Jepara. Apalagi di 2022 sektor perikanan menjadi prioritas pembangunan.

Sementara itu Kepala Dinas Perikanan Jepara Wasiyanto menjelaskan tahun ini sudah ada bantuan dari kementerian untuk Jepara. Yakni bantuan benih dan pakan, fasilitasi kampung bandeng (diberi bibit bandeng dan pembuatan tambak), dan perbaikan saluran tambak.

”Setiap tahun kami rutin mengusulkan proposal program yang sekiranya bisa dibantu dan sesuai dengan kewenangan kementerian,” imbuhnya.