Larangan Mudik Belum Berlaku, Pemotor di Sinjai Diminta Putar Balik ke Makassar
com-Ilustrasi kemacetan kala mudik Lebaran Foto: Shutterstock

Beredar sebuah video memperlihatkan seorang pengendara sepeda motor dari Makassar diminta putar balik saat hendak mudik ke kampung halaman. Video tersebut tersebar di beberapa sosial media pada Minggu (2/5).

Dalam rekaman itu, pria tersebut berboncengan dengan istrinya. Ia tengah melintas perbatasan Bone-Sinjai, Sulsel, saat diberhentikan petugas.

Pemotor yang diduga hendak mudik ke Sinjai itu diminta putar balik ke Makassar. Petugas mengatakan, hal itu sudah perintah dari pimpinan. "Ini sudah perintah. Sudah ada aturan, jika tidak ada izin mudik," kata petugas.

Terkait rekaman, Camat Kajuara, Andi Muh Guntur membenarkan lokasi video berada di Kajuara. Meski begitu, petugas yang menghentikan motor itu, bukan dari Tim Tripika Kajuara maupun Satgas COVID-19 Bone, tetapi dari Sinjai.

"Saya kroscek dari tripika. Sampai hari ini bukan operasi resmi. Itu berasal dari Kodim Sinjai. Saya konfirmasi Danramil Kajuara bukan dari anggotanya. Tapi memang, dia betul berdiri di wilayahnya Bone," ujar Andi, Minggu (2/5).

Sementara, Kapolres Sinjai Iwan Irmawan mengatakan, operasi larangan bagi pemudik pulang kampung belum dilakukan di Sinjai. Operasi tersebut dilaksanakan mulai pada 6-17 Mei mendatang.

"Kalau kami baru sosialisasi tanggal 5 Mei 2021. Nanti tanggal 6 Mei sampai 17 Mei 2021, akan kami putar balik semuanya," ucap Iwan, Minggu (2/5.