Melihat Kejahatan di Mana pun? Hubungi 110 Polisi Akan Datang
Ilustrasi polisi Foto: Aprilandika Hendra/kumparan

Pemerintah dan kepolisian tengah sibuk mencegah warga untuk tidak mudik. Segala cara dilakukan untuk membatasi mobilitas warga selama libur Idul Fitri atau lebaran.

Biasanya, masa-masa jelang lebaran seperti saat ini, banyak bermunculan tindak kejahatan. Termasuk, berbagai kejahatan jalanan seperti pencurian sepeda motor, perampokan, dan begal.

Polisi tentu tak bisa memastikan semua sudut negeri ini aman dari tindak kejahatan. Karena itu, butuh peran warga untuk sama-sama mengawasi daerah masing-masing sehingga tak ada kejahatan yang muncul.

Salah satu yang bisa dilakukan warga, yakni melapor ke polisi bila melihat adanya tindak kejahatan. Di era digital seperti sekarang ini banyak kanal pengaduan yang bisa dimanfaatkan warga untuk melapor ke polisi.

Misalnya menghubungi layanan call center 110. Nantinya, polisi akan menerima aduan warga dan mengirim petugas terdekat untuk memeriksa kejahatan yang terjadi di lokasi yang dilaporkan warga.

Selain itu, ada pula kanal pengaduan lewat aplikasi DUMAS Presisi. Aplikasi ini diluncurkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada Rabu, 24 Februari 2021.