Ole Gunnar Solskjaer. REUTERS
Penyerang Manchester United, Edisnon Cavani, total mencetak empat gol ke gawang AS Roma dalam dua laga semifinal Liga Europa.

SIAPGRAK.COM, Jakarta - Bos Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, memuji penampilan penyerang andalannya Edinson Cavani dan kiper David de Gea seusai timnya lolos ke final Liga Europa.

Tim Setan Merah menyingkirkan AS Roma dengan agregat 8-5. Meski kalah 3-2 di leg kedua di Stadio Olimpico, Jumat dinihari, 7 Mei, tim asuhan Solskjaer tetap unggul karena sebelumnya menang 6-2 di Old Trafford, pekan lalu.

Solskjaer mengaku kecewa dengan penampilan timnya di babak kedua yang tidak menentu hingga kebobolan sampai tiga kali. Namun, dia tetap memuji Edinson Cavani yang kembali mencetak dua gol ke gawang Roma, seperti laga sebelumnya. Total penyerang Uruguay, 34 tahun itu mencetak empat gol dalam dua laga semifinal Liga Europa ini.

"Alasan kami ada di final karena kami mempunyai penyerang tengah yang telah mencetak empat gol selama pertandingan," kata Solskjaer mengomentari Cavani.

Pemain Manchester United Edinson Cavani. REUTERS/Alberto Lingria

"Edinson telah menunjukkan lagi alasan kami ingin mempertahankannya di Old Trafford," ujar pelatih Norwegia itu menambahkan.

"Sepak bola memiliki bahasanya sendiri. Edinson telah membuktikan malam ini, dalam pertandingan sebelumnya dan sepanjang kariernya apa yang seharusnya dilakukan penyerang tengah, baik dalam di dalam maupun luar lapangan, baik dalam mempersiapkan pertandingan maupun memulihkan diri usai pertandingan."

"Dia benar-benar profesional top dan semua orang di tim saya bisa belajar dari dia."

Solskjaer juga memberikan pujian untuk De Gea yang tampil menonjol di Stadio Olimpice. Kiper Spanyol itu melakukan penyelamatan awal yang bagus dan beberapa penyelamatan luar biasa saat Roma berupaya mencetak gol cepat melalui Edin Dzeko dan Bryan Cristante.

"Kami terus kehilangan bola di posisi sulit tapi untungnya kami punya salah satu penjaga gawang terbaik di dunia," kata Solskjaer kepada BT Sport.

Kiper Manchester United David de Gea. Reuters
Ditanya dalam konferensi pers, apakah penampilan De Gea membuat sang kiper bakal dimainkan saat final Liga Europa nanti, Solskjaer mengatakan: "David sangat penting dan man of the match untuk saya. Dia adalah pemain yang menonjol."

"Final masih tiga minggu lagi dan kami masih mempunyai banyak pertandingan untuk dimainkan."

"David telah mengaplikasikan sangat bagus dengan penampilannya. Buktinya selalu ada di lapangan," kata Solskjaer.

Laga final Liga Europa Villarreal vs Manchester United akan PGE Arena Gdansk, Polandia pada Kamis dinihari WIB, 27 Mei mendatang.

SKY SPORTS