Ilustrasi borgol. ©2014 Merdeka.com/Arie Basuki
Kepada Polisi Edi Supriyatno mengaku melakukan aksi pencurian setelah mengantarkan keluarga teman di Semarang.

Tim Resmob Polrestabes Semarang menangkap komplotan pencurian dua mobil mewah di Jalan Kuala Mas Raya, Panggung Lor, Semarang Utara, Semarang. Polisi pun melumpuhkan kaki pelaku karena melawan saat dilakukan penangkapan.

"Tiga pelaku kami tangkap di lokasi terpisah di Jawa Timur setelah mencuri dua mobil di Semarang. Mereka yakni Edi Supriyatno di Sidoarjo, Subekhan di Lumajang, dan Sutikno di Situbondo. Dan kami masih memburu satu pelaku AR," kata Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Anwar saat gelar perkara, Minggu (2/5).

Dia menjelaskan pencurian berawal adanya laporan warga Edy Marwan. Dua mobil yang terparkir di halaman rumah hilang, Rabu (29/4) dini hari. Dari hasil pengembangan, para pelaku dari Jawa Timur datang ke Semarang sengaja melakukan pencurian dilakukan secara acak.

"Modusnya mereka melakukan pengamatan keliling sejumlah rumah yang sepi dan terdapat mobil. Ada sasaran langsung masuk rumah mengacak-acak cari kunci mobil," ungkapnya.

Usai menggasak mobil pelaku langsung kabur ke Jawa Timur. Dari hasil pemeriksaan dua mobil yang dicuri rencana akan di jual setelah Idulfitri, namun belum menikmati hasil pelaku di tangkap.

K tiga pelaku merupakan residivis kasus pencurian yang sama. Sedangkan satu pelaku bernama Sutikno merupakan daftar pencarian orang (DPO) Polres Lumajang.

"Sedangkan Edi Supriyanto pernah tersangkut kasus curanmor di Polres Yogyakarta tahun 2007 dan 2010 di Polres Sidoarjo. Subekhan residivis kasus curanmor di Malang tahun 2015 dan Jember 2018," jelasnya.

Kepada Polisi Edi Supriyatno mengaku melakukan aksi pencurian setelah mengantarkan keluarga teman di Semarang. "Niat itu seketika habis mengantar keluarga teman. Kejadian 02.00 kita bagi tugas, kami bertiga masuk rumah cari kunci, dan satu orang jaga di luar," kata Edi Supriyatno.

Hingga saat ini petugas masih mengembangkan kasus pencurian. Ada kemungkinan dilakukan lebih dari empat pelaku.

"Kami masih melakukan pemeriksaan untuk pengembangan. Dari tangan pelaku petugas menyita sejumlah barang bukti dua mobil Honda CRV putih H8274 BD dan Lexus F Sport Nol Pol H 9 EM," kata Kapolrestabes Semarang Irwan Anwar.