Mikel Arteta Jelaskan Alasan Mainkan Mat Ryan Saat Arsenal vs Newcastle United

UNIKOLOGI.COM - Fans Arsenal dibuat terkejut ketika Mikel Arteta mengumumkan skuadnya untuk pertandingan melawan Newcastle United di Stadion Emirates pada Minggu (2/5) malam WIB di St James' Park, karena kiper utama Bernd Leno ternyata hanya berada di bangku cadangan.

Bos Arsenal Mikel Arteta kini menjelaskan alasannya mengapa memilih Mathew Ryan sebagai starter ketimbang Bernd Leno, mengatakan dia telah belajar pelajaran di laga-laga sebelumnya dan memutuskan untuk melakukan perubahan melawan Newcastle untuk menghindari cedera.

Pelatih Spanyol membuat delapan perubahan dari tim yang kalah 2-1 dari Villarreal di leg pertama semifinal Liga Europa di Stadion de la Ceramica pada Jumat (30/4) dini hari WIB, termasuk pergantian kiper di bawah mistar.

Hanya tiga pemain yang mempertahankan tempat mereka di starting X, yaitu trio gelandang Martin Odegaard, Granit Xhaka dan Dani Ceballos, dengan nama terakhir dikeluarkan dari lapangan saat melawan Villarreal dan tidak memenuhi syarat untuk leg kedua karena suspensi.

Pierre-Emerick Aubameyang turun sebagai starter pertamanya sejak pulih dari sakit malaria, Gabriel Martinelli kembali ke line up dan Mathew Ryan menjadi starter untuk pertandingan liga kedua berturut-turut setelah kesalahan Bernd Leno melawan Everton.

Diminta untuk menjelaskan keputusannya membuat begitu banyak perubahann terutama kembali melengserkan kiper Jerman ke bench, Mikel Arteta mengatakan kepada Sky Sports, "Itu hanya untuk mempersiapkan pertandingan hari ini dengan cara terbaik."

"Kami bermain selama 40 menit dengan 10 pemain, kami memiliki jadwal yang gila dan pemain punya cukup waktu untuk benar-benar pulih dari kelelahan. Kami tahu risiko yang kami ambil setiap minggu. Pekan lalu kami belajar pelajaran dengan Alexandre Lacazette, kami kehilangan dia, kami kehilangan begitu banyak pemain dalam beberapa pekan terakhir karena cedera akibat kelelahan, dan kami membutuhkan pemain baru juga."

Untungnya meski melakukan banyak perubahan, Arsenal tetap berhasil mengalahkan Newcastle United dengan skor 0-2 berkat gol-gol Mohamed Elneny dan Pierre-Emerick Aubameyang di masing-masing babak, membawa mereka naik satu tingkat ke urutan kesembilan klasemen, hanya unggul satu angka dari Aston Villa di urutan ke-10.