Demo fan Manchester United./BBC
Pertandingan Liga Primer Inggris Manchester United versus Liverpool yang semestinya digelar pada Minggu (2/5/2021) mulai pk. 22.30 WIB masih tertunda akibat demo. Pesta gelar juara Manchester City pun tertunda. Citu akan menjadi juara jika MU kalah dari Liverpool.

UNIKOLOGI.COM, JAKARTA – Kick-off pertandingan pekan ke-34 Liga Primer Inggris Manchester United menjamu Liverpool di Stadion Old Trafford, yang sedianya digelar pada Minggu (2/5/2021) mulai pk. 22.30 WIB, masih tertunda akibat maraknya demo fan anti-keluarga Glazer sang pemilik Setan Merah.

Demo itu muncul masih berkaitan dengan keputusan manajemen MU yang sempat ikut dalam rencana pengguliran kompetisi eksklusif Liga Super Eropa meski kemudian menarik diri.

Pertandingan itu merupakan penentuan apakah Manchester City dapat memastikan gelar juara lebih pada pekan ini yang bisa terealisasi jika MU kalah kontra Liverpool.

Perolehan nilai City asuhan Pep Guardiola saat ini 80, sedangkan MU di peringkat kedua 67. Kalau MU kalah versus Liverpool dan kemudian memenangi semua empat pertandingan berikutnya yang tersisa, maka nilai maksimal MU 79 atau 1 poin dari nilai City saat ini.

Sekadar catatan, apabila nilai duo tim Manchester sama, MU berada di posisi lebih tinggi karena unggul head-to-head 2–0.

Jadi, jika pertandingan MU versus Liverpool ini tertunda, dengan sendirinya gelar juara City—kalau MU kala—ikut tertunda.

Bagi Liverpool, hasil pertandingan kali ini akan memengaruhi posisi mereka di empat besar yang merupakan juatah tiket Liga Champions Eropa musim depan.

Dengan nilai 67, MU relatif aman untuk finis di empat besar. Sebaliknya bagi MU yang memiliki nilai 54 dan berada di setrip keenam, harus menang untuk mengejar target finis di posisi empat besar. Selisih nilai Liverpool dengan Chelsea di setrip keempat adalah 7 poin.