Nigeria Larang Masuk WNA dari Brasil, India dan Turki Mulai 4 Mei
Tenaga medis China tiba di Nigeria. Foto: AFP/Kola Sulaimon

Pemerintah Nigeria memutuskan melarang masuk WNA dari tiga negara yakni Brasil, India dan Turki. Pemicunya, penularan COVID-19 di tiga negara itu kini mengalami lonjakan.

"Pemegang paspor non-Nigeria dan non-penduduk yang mengunjungi Brasil, India atau Turki dalam empat belas hari sebelum perjalanan ke Nigeria, akan ditolak masuk ke Nigeria," kata Ketua Komite Pengarah Presiden dalam penanganan COVID-19, Boss Mustapha, dikutip dari Reuters, Senin (3/5).

Mustapha menambahkan, kebijakan ini berlaku mulai 4 Mei.

Sebelumnya, Nigeria mengumumkan adanya 43 kasus COVID-19 pada Sabtu (1/5). Sehingga kini jumlah kasus positif mencapai 165.153 orang di mana 2.063 di antaranya meninggal dunia.

Sementara terkait penularan COVID-19 di India, hampir seluruh rumah sakit, kamar mayat, dan krematorium kewalahan karena negara tersebut melaporkan lebih dari 300.000 kasus setiap hari selama 10 hari berturut-turut.

Sedangkan di Brasil, penularan COVID-19 memang kini mengalami penurunan dibanding akhir Maret lalu. Tetapi jumlah kasus COVID-19 di Brasil tetap tinggi.

Terakhir, Turki bahkan menerapkan lockdown pada Kamis lalu hingga 17 Mei mendatang. Lockdown diterapkan demi menekan penularan COVID-19 yang terus melonjak di sana.