Pandji Pragiwaksono adalah komika Indonesia yang cukup melegenda. Selain itu, ia terang-terangan menunjukkan minat terhadap perkembangan industri hiburan dalam negeri. Pandji khususnya memperhatikan bidang stand up comedy yang akhir-akhir ini kian berkembang.

Melalui akun Instagram pribadinya, Pandji membagikan kegiatan komika di belakang panggung stand up comedy. Pandji mengunggah foto-foto di mana para para komika melakukan combud atau comica buddy. Combud adalah kegiatan di mana para komika berkumpul dan berdiskusi mengenai materi lawakan yang akan dibawakan.

Meski seolah para komika tampak melakukan rapat, cairnya suasana tergambar dengan jelas lewat potret-potret tersebut. Hal itu ditunjukkan dengan para komika tersenyum dan tertawa selagi pertemuan itu berlangsung.

"Combud semanajemen #Comika. Sebuah rutinitas. Secara bergantian satu persatu saling lempar bit yg masi mentah, yg penulisannya mentok, yg bingung ngembanginnya ke mana. Untuk dibantu rame2. Biar sama2 matang. Sama2 solid. Kalau pilihan karirnya adalah menjadi komika, maka menulis joke adalah pekerjaannya," tulis Pandji pada postingan Kamis (6/5).

Menurut Pandji, seorang komika tak hanya menyampaikan lelucon saja. Salah satu tugas seorang komika yang utama adalah menulis materi lawakan. Yang mana dalam setiap proses penulisan ada kalanya mengalami hambatan dan membutuhkan masukan dari komika lain.

Sehingga kegiatan combud yang menjadi rutinitas di manajemen Pandji dapat membantu para komika untuk menyelesaikan materi pertunjukannya. Selanjutnya, postingan Pandji itu mendapat komentar dukungan dari para followers.

"Manusia manusia lucu berkumpul,, panjang umur komedi Indonesia! Viva La Komtung!" kata pemilik akun @tau****ryznx. "Bikin comika openhouse lagi bang @pandji.pragiwaksono . Sekalian kombud sama komika umum 👏," pinta akun @ida****shdxc.

Seperti diketahui, Pandji mengawali karier sebagai penyiar radio dan kemudian berkembang menjadi pembawa acara televisi. Berfokus pada acara komedi, aktor kelahiran 1979 itu kemudian memandu acara "Stand Up Comedy Indonesia" dan akhirnya menjadi juri kompetisi tersebut.