Pemkab Blora Bagikan Ribuan Benih Buah Gratis
Pemkab Blora menyalurkan bantuan 62 unit Alat dan mesin pertanian (Alsintan). Ada juga ratusan benih unggul hortikultura yang dibagikan kepada sejumlah kelompok

BLORA, Radar Kudus – Pemkab Blora menyalurkan bantuan 62 unit Alat dan mesin pertanian (Alsintan). Ada juga ratusan benih unggul hortikultura yang dibagikan kepada sejumlah kelompok tani. Bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pertanian.

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Sekda Blora Komang Gede Irawadi di halaman kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Blora. Alsintan itu terdiri dari 47 unit traktor roda dua,  delapan unit power threser multiguna, dan tujuh unit corn sheller mobile).

Sedangkan ratusan benih unggul hortikultura terdiri dari 100 batang jambu kristal, 200 batang kelengkeng, 500 batang pisang, 800 batang jambu air, dan 250 batang alpukat.

Bantuan Alsintan Traktor roda dua secara simbolis diserahkan pada perwakilan kelompok tani Poktan Tirta Jaya, Kecamatan  Blora dan Poktan Dadi Mulyo, Kecamatan Bogorejo. Sementara itu, power thresher diterima oleh Poktan Sri Rejeki, Kecamatan Jepon dan Poktan Tani Makmur 2, Kecamatan Japah. Sedangkan bantuan corn sheller diterima oleh Poktan Kedungmukti, Kecamatan Tunjungan, Poktan Mulyos Kecamatan Sambong.

Selanjutnya Poktan Ngudi Makmur, Kecamatan Jepon mendapat 100 batang jambu kristal dan 50 batang kelengkeng. Poktan Dadi Mulyo, Kecamatan Jepon mendapat 500 batang pisang, Poktan Sido Dadi 4, Kecamatan Japah mendapat 150 batang kelengkeng.

Berikutnya, Poktan Tani Maju, Kecamatan Kradenan mendapat 400 batang jambu air, Poktan Tani Bangkit, Kecamatan Todanan sebanyak 250 batang alpukat, dan Poktan Sido Dadi, Kecamatan Randublatung sebanyak 400 batang jambu air.

Komang berharap, bantuan  tersebut bisa digunakan dengan sebaik mungkin. Sebab, bantuan Alsintan yang diserahkan tercatat sebagai barang milik negara. ”Walaupun nanti sudah diserahkan kepada bapak ibu, kami mohon untuk dipelihara dengan baik. Harus dikelola, dirawat, dimanfaatkan dengan baik dan tidak boleh dipindahtangankan atau bahkan dijual,” pesannya.

Pasalnya, jika bantuan Alsintan tersebut dipindahtangankan dapat menjadi permasalahan hukum di kemudian hari. ”Jadi kelompok tani yang sebelumnya sewa alat, dengan adanya bantuan ini menjadi tidak perlu sewa lagi. Sehingga ada manfaat dari segi ekonomi kelompok tani disitu,” sambungnya.

Kepada penerima benih unggul Hortikultura, sekda menyampaikan agar penanaman tanaman buah-buahan dapat dilakukan secara optimal. Terutama desa-desa di Blora yang potensial. Sehingga Blora dapat menjadi penghasil buah-buahan yang dikenal luas.

”Kami senang sekali, tadi ada bibit jambu kelengkeng, pisang, alpukat. Kalau ini menjadi sebuah gerakan, semua desa yang berpotensi untuk ditanam seperti itu maka akan menghasilkan buah-buahan yang luar biasa,” lanjutnya.

Kepala DPKP Blora Reni Miharti mengaku, bantuan traktor roda dua seperti ini sangat bermanfaat untuk percepatan tanam. Sedangkan bantuan power thresher dan corn sheller memberikan kemudahan pascapanen. Terutama pada proses perontokan padi maupun jagung.(sub)