Pengunjung Luar Banten Dilarang Wisata ke Lebak saat Larangan Mudik 6-17 Mei
Sunset di Pantai Tanjung Layar, Sawarna, di Lebak Foto: Flickr/Shutter Stock

Pemerintah Kabupaten Lebak melarang wisatawan dari luar Provinsi Banten untuk berkunjung ke objek wisata di Kabupaten Lebak selama libur lebaran. Hal ini menyusul berlakunya larangan mudik pada tanggal 6 - 17 Mei 2021 mendatang.

"Karena kalau larangan mudik, kan tidak ada wisatawan dari luar kota. Kalau dalam kota masih diperbolehkan," ucap Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya, Minggu (5/2).

Meski saat ini pihaknya tetap membuka seluruh objek wisata di Lebak, namun hal itu tidak berlaku bagi objek wisata di wilayah yang tingkat penyebaran virus coronanya masih tinggi.

"Kita sih mulai membuka (objek wisata), tapi kalau desa itu masuk ke dalam zona merah itu enggak boleh dibuka. Makanya sekarang kita lagi mendata jumlah pasien yang terpapar itu paling banyak itu titiknya di mana, kita masih pemetaan desa mana yang jumlah pasiennya paling tinggi," ungkapnya.

Kendati hanya membolehkan kunjungan wisata bagi masyarakat lokal Banten, Iti meyakini akan terjadi keramaian di setiap objek wisata di Kabupaten Lebak selama momen libur lebaran mendatang.

Pengunjung Luar Banten Dilarang Wisata ke Lebak saat Larangan Mudik 6-17 Mei (1)
com-Ilustrasi mudik lebaran Foto: Shutterstock

Untuk itu, Iti mengaku, pihaknya akan membentuk posko terpadu di setiap titik objek wisata yang ada di Lebak. Hal itu dilakukan untuk memantau dan mengawasi penerapan protokol kesehatan di setiap objek wisata.

"Kita, sih, meyakini ramai (di libur lebaran), karena kita tidak bisa menafikan juga kan masyarakat sudah jenuh pastinya, jadi wisatawan lokal yang akan ramai datang. Untuk itu kami ada posko terpadu dan patroli di titik destinasi wisata," terangnya.

Ia pun menyebut, dari sekian banyak objek wisata yang ada di Kabupaten Lebak, ada tiga titik objek wisata yang akan menjadi prioritas berdasarkan evaluasi yang dilakukan di tahun-tahun sebelumnya.

"Kami ada tiga titik prioritas destinasi wisata, yang nanti pasti di situ ada posko dibangun, yakni di Pantai Bagedur, Pantai Sawarna dan pemandian air panas di Cipanas. Itu yang masuk ke dalam top ten yang paling sering dikunjungi," paparnya.