Menteri Ekonomi Jepang, Yasutoshi Nishimura. (Foto: Reuters)
Menteri Ekonomi Jepang, Yasutoshi Nishimura. (Foto: Reuters)

TOKYO, iNews.id - Pemerintah Jepang segera memperpanjang status darurat Covid-19 untuk Tokyo dan tiga wilayah lain hingga akhir Mei. Ini dilakukan untuk menekan lonjakan kasus Covid-19 sebelum Olimpiade Tokyo yang dimulai dua bulan ke depan.

Menteri Ekonomi, Yasutoshi Nishimura mengatakan, keputusan perpanjangan status darurat ini diharapkan mampu menahan gelombang kasus Covid-19 ke-4 yang melanda. Saat ini, Tokyo dan Osaka masih berada pada tingkat tinggi jumlah kasus Covid.

"Osaka secara khusus berada dalam situasi yang cukup berbahaya dengan sistem medisnya. Dia memprediksi, Tokyo juga akan mengalami situasi yang sama dengan Osaka," kata Nishimura.

Dikutip dari NHK, saat ini semua tempat tidur untuk pasien kritis di RS Osaka telah penuh. Tercatat, kasus positif Covid di Jepang mencapai 622.000 kasus. Jumlah kematian mencapai 10.600 orang.

Nishimura juga mengatakan, prefektur Aichi di sebelah barat Tokyo dan prefektur Fukuoka di barat daya dalam keadaan darurat. Sama seperti Tokyo, Osaka, Hyogo dan Kyoto.

"Pulau utara Hokkaido dan dua wilayah lainnya akan ditambahkan ke wilayah dengan keadaan semi darurat," katanya.

Selama penerapan kondisi darurat, bar, restoran, karaoke dan tempat lain diminta berhenti menyajikan alkohol. Selain itu warga terus diminta untuk menghindari perjalanan yang tidak perlu.

Meski demikian, beberapa fasilitas umum lain akan dilonggarkan. Di antaranya, pusat perbelanjaan akan diminta mempersingkat jam operasionalnya.

Jepang tidak dilanda kasus Covid separah negara-negara lain. Sayangnya, kampanye vaksinasi di negara ini berlangsung lambat.

Meski begitu, Jepang dan Komite Olimpiade Internasional bersikeras ajang olah raga tersebut tetap berlangsung. Penonton asing telah dilarang. Sementara keputusan untuk penonton domestik belum tercapai.

Kantor berita Jiji melaporkan, Gubernur prefektur Fukuoka mengatakan mungkin sulit untuk menjadi tuan rumah estafet obor olimpiade dalam keadaan darurat. Estafet obor akan berlangsung di prefektur pada 11 dan 12 Mei.