AFP/MARCO BERTORELLO
Pelatih Inter Milan, Antonio Conte, bereaksi setelah timnya mencetak gol ketiga ke gawang Lazio pada laga lanjutan pekan ke-22 Liga Italia di Stadion San Siro, Senin (15/2/2021) dini hari WIB.

UNIKOLOGI.COM - Inter Milan berhasil mengunci gelar juara Liga Italia Serie A 2020-2021. Hasil imbang yang diraih Atalanta pada pekan ke-34 membuat perolehan poin I Nerazzurri sudah tidak bisa dikejar lagi.

Menghadapi tuan rumah Sassuolo pada laga giornata ke-34 Serie A 2020-2021, Minggu (2/5/2021) malam WIB, Atalanta hanya bisa meraih hasil imbang 1-1.

Hasil tersebut membuat I Nerazzurri, julukan Inter Milan, menyegel gelar juara Liga Italia musim ini.

Hingga pekan ke-34, Inter Milan mengoleksi 82 poin, unggul 13 angka atas Atalanta (peringkat kedua), AC Milan (tiga), dan Napoli (empat) yang sama-sama mengumpulkan 69 poin.

Dengan empat laga tersisa, koleksi poin skuad besutan Antonio Conte itu sudah tidak bisa dikejar oleh para pesaingnya.

Inter Milan pun mengakhiri puasa gelar juara Liga Italia selama 11 tahun. Kali terakhir I Nerazzurri menjuarai kompetisi teratas Liga Italia adalah pada musim 2009-2010.

Sempat terseok-seok di awal musim

Inter Milan sejatinya mengawali kampanye musim 2020-2021 dengan dua kemenangan beruntun atas Benevento (5-2) dan Fiorentina (4-3). Namun setelah itu, I Nerazzurri mulai tidak konsisten.

Inter sempat terlempar ke peringkat keenam klasemen Liga Italia setelah hanya bisa mencatatkan satu kemenangan dari empat laga, dari giornata ke-4 hingga ke-7.

Kebangkitan I Nerazzurri ditandai dengan kemenangan 4-2 atas Torino pada laga pekan ke-8. Setelah itu, pasukan Antonio Conte selalu menang pada tujuh laga berikutnya.

Pergantian tahun seolah menjadi momentum bagi Inter Milan untuk meneruskan tren positif.

Romelu Lukaku dkk mampu memanfaatkan hasil buruk yang diraih oleh para pesaingnya, termasuk AC Milan yang seperti kehabisan bensin selepas pergantian tahun.

Kemenangan penting pada laga derbi

Kekalahan AC Milan dari Spezia pada pekan ke-22 membuka jalan bagi Inter Milan untuk naik ke puncak klasemen. Pada pekan yang sama, I Nerazzurri mampu melibas Lazio dengan skor meyakinkan 3-1.

Pada pekan berikutnya, Inter meraih kemenangan penting kontra AC Milan pada laga bertajuk Derby della Madonnina.

Inter mampu menumbangkan rival sekotanya itu dengan skor telak 3-0. Sepasang gol Lautaro Martinez dan satu gol sumbangan Romelu Lukaku membawa armada Antonio Conte kokoh di puncak klasemen.

Sejak pekan ke-23, posisi Inter Milan di puncak klasemen pun tak terusik.

Hasil imbang 1-1 yang diraih Atalanta di kandang Sassuolo pada laga pekan ke-34 membuat Inter bisa mengamankan scudetto Serie A musim 2020-2021.

Sebab, pada pertandingan lainnya, I Nerazzurri berhasil mengalahkan Crotone dengan skor 2-0.

Penantian Inter Milan untuk menjadi juara Liga Italia setelah lebih dari satu dekade pun berakhir. I Nerazzurri meraih gelar Serie A ke-19 sepanjang sejarah klub.

Penulis: Ervan Yudhi Tri AtmokoEditor: Ervan Yudhi Tri Atmoko