Persipura Jayapura melawan Putra Safin Grup (PSG)
Uji coba antara Persipura Jayapura melawan Putra Safin Grup (PSG) Pati di Stadion Gelora 10 November, Tambaksari, Surabaya, Minggu (2/5/2021). (Dok PSG Pati)

UNIKOLOGI.COM, Surabaya - Kontestan Liga 2, Putra Safin Grup (PSG) Pati secara mengejutkan mempermalukan tim Liga 1, Persipura Jayapura dalam uji coba di Stadion Gelora 10 November, Tambaksari, Surabaya, Minggu (2/5/2021)

Tim baru Liga 2 asal Jateng tersebut menggasak Mutiara Hitam lewat gol tunggal Ari Hermawan menit ke-74. Bagi Persipura, uji coba ini merupakan bagian dari persiapan menghadapi Piala AFC bulan Juni nanti dan Liga 1 2021.

Sementara Laskar Kembang Joyo (julukan PSG Pati), semakin menambah motivasi menghadapi persaingan di Liga 2. Hasil apik yang diraih PSG, mempertegas rentetan apik selama pramusim ini.

Pada bulan Maret lalu, PSG sukses menahan imbang Bhayangkara Solo FC dalam uji coba di Solo dengan skor 2-2. Pelatih PSG Pati, Ibnu Grahan menurunkan 20 pemain secara bergantian. Termasuk tiga penjaga gawang yang diturunkan bergantian pada game berformat 3 x 30 menit.

Para penggawa PSG Pati tak canggung meladeni permainan Persipura yang menurunkan beberapa pilar, termasuk Boaz Solossa, Ricardo Salampessy, Tinus Pae, Todd Rivaldo Ferre hingga legiun asing, Takuya Matsunaga.

"Latihan bersama ini yang kami cari bukan kemenangan. Tapi ingin melihat kerjasama tim, kebersamaan, juga sebagai sarana refreshing pemain sebelum libur. Dapat memenangi latihan bersama dengan Persipura adalah sebuah bonus," kata Ibnu Grahan usai pertandingan.

Bahan Evaluasi

Prosesi peresmian Putra Sunan Giri (PSG) yang resmi menjadi tim baru di Pati, Jawa Tengah, Sabtu (26/12/2020). (Dok. PSG Pati)
Prosesi peresmian Putra Sunan Giri (PSG) yang resmi menjadi tim baru di Pati, Jawa Tengah, Sabtu (26/12/2020). (Dok. PSG Pati)

Kendati demikian, Ibnu mengaku masih ada banyak pekerjaan rumah yang harus dibenahi. Mantan pelatih Persebaya Surabaya itu juga menyebutkan kesempatan berlatih bersama Persipura Jayapura dan sebelumnya Bhayangkara Solo FC adalah hal yang positif.

"Kami juga dapat banyak pelajaran dari Persipura. Bagaimana menghadapi bola-bola cepat, bagaimana saat transisi saat menang atau kalah bola dan lain sebagainya," lanjutnya.

Usai latihan bersama Persipura di Surabaya ini, tim kemudian diliburkan dan baru akan kembali beraktivitas usai Lebaran. Para pemain diliburkan selama dua pekan ke depan, dengan catatan tetap berlatih mandiri untuk menjaga kondisi kebugaran.

"Tim akan kembali berkumpul di Pati pada 18 Mei dan akan kembali menjalani latihan sehari kemudian," jelas mantan pelatih Bhayangkara FC tersebut.

Video