Pol PP Badung Berangus 179 Baliho dan Spanduk Kedaluwarsa
MANGUPURA, BALI EXPRESS- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Badung menurunkan baliho dan spanduk ucapan Hari Raya Galungan dan Kuningan. Pasalnya

MANGUPURA, BALI EXPRESS- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Badung menurunkan baliho dan spanduk ucapan Hari Raya Galungan dan Kuningan. Pasalnya sebelum hari raya banyak ucapan terpasang di beberapa ruas jalan.

Kepala Satpol PP Badung I Gst Agung Ketut Suryanegara mengatakan, pelaksanaan penurunan baliho dan spanduk ini dilakukan bersamaan dengan sidak protokol kesehatan (prokes). Baliho dan spanduk yang diturunkan adalah yang telah kedaluwarsa, seperti ucapan hari raya. “Kami mulai lakukan penurunan baliho dan sepanduk dari Jumat. Semua dilakukan serentak di 6 kecamatan,” ujarnya, Minggu (3/5).

Sebelum melakukan penurunan, pihaknya telah melayangkan surat kepada pemilik untuk membuka baliho atau spanduk tersebut. Surat nomor 301.7/479/Tibum/Sat.Pol.PP tentang penurunan baliho/spanduk paling lambat pada Jumat (30/4) lalu. “Biar tidak menyalahi aturan, jadi memang kami surati pemiliknya terlebih dulu. Kalau dalam kurun waktu yang ditentukan tidak diturunkan kami yang langsung melakukan penurunan”

Suryanegara mengungkapkan, hingga kini sudah ada 113 spanduk dan 66 baliho yang diturunkan. Namun pihaknya masih terus melanjutkan penurunan sampai seluruh baliho kedaluwarsa berhasil diturunkan. “Sampai saat ini sudah ada 179 baliho dan spanduk yang kami turunkan. Semua itu diturunkan satpol PP, belum perangkat desa seperti linmas dan yang lainnya,” ungkap birokrat asal Denpasar itu

Penurunan baliho dan spanduk yang dilakukan untuk menjaga wajah kabupaten Badung yang berwawasan lingkungan, tertib, bersih, damai dan nyaman. Bahkan semua itu pun berdasarkan  Perda Kabupaten Badung Nomor 7 Tahun 2016 tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat. Begitu pula berdasarkan Peraturan Bupati Badung Nomor 80 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Reklame di Kabupaten Badung. “Target tuntas penurunan baliho ini minggu depan, karena masih harus melakukan sidak prokes yang menjadi prioritas,” pungkasnya. (esa)