Ilustrasi/Antara
DM sampai saat ini masih menjalani pemeriksaan intensif oleh penyidik Polres Metro Jakarta Utara. Ia ditangkap di Pamulang, Tangerang Selatan, Sabtu (1/5/2021).

UNIKOLOGI.COM, JAKARTA - Vokalis band metal Deadsquad berinisial DM pada Sabtu (1/5/2021) diamankan aparat Kepolisian. Dari tangan DM polisi menemukan satu butir methylphenidate atau ritalin.

"Satu butir methylphenidate atau ritalin," kata Kepala Kepolisian Resor Metro Jakarta Utara Komisaris Besar Polisi Guruh Arif Darmawan saat dikonfirmasi, Minggu (2/5/2021).

Berdasar informasi di wikipedia, Methylphenidate (kependekan dari Methylphenylpiperidinyl acetate) disingkat MP atau MPH, yang dijual dengan nama dagang Ritalin, antara lain berfungsi sebagai obat perangsang.

Obat ini biasanya  digunakan untuk pasien penderita attention-deficit/hyperactivity disorder (ADHD) dan narkolepsi. Ritalin dapat diminum atau dioleskan ke kulit. Formulasi yang berbeda akan memberikan durasi efek yang berbeda-beda pula.

Guruh menambahkan, Polres Metro Jakarta Utara juga menyita dua unit ponsel beserta kartu modul identitas pelanggan (subscriber identity modul/ SIM) dari tangan sang vokalis.

Sebelumnya, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan DM sampai saat ini masih menjalani pemeriksaan intensif oleh penyidik Polres Metro Jakarta Utara.

"Saat ini [terhadap] yang bersangkutan masih dilakukan pemeriksaan di Polres Metro Jakarta Utara," ujar Yusri.

Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakut menangkap DM di Pamulang, Tangerang Selatan pada Sabtu (1/5).

DM telah menjalani tes urine usai penangkapan. Hasilnya, ia terbukti positif mengonsumsi narkotika jenis ganja dan psikotropika jenis Benzodiazepine (benzo).

"Yang bersangkutan positif psikotropika, positif ganja dan benzo," kata Yusri.