Polres Cirebon Kota Putar Balik Pemudik di Jalur Pantura
Sejumlah kendaraan dengan pelat nomor luar Cirebon dihalau petugas yang berjaga di pos penyekatan. (Ciremaitoday)

UNIKOLOGI.COM, Cirebon - Sejumlah pengendara luar daerah yang nekat melakukan mudik diputar balik petugas kepolisian saat melintas di jalur pantai utara (pantura), Kedawung, Cirebon, Jawa Barat, pada Minggu (2/5/2021).

Kasatlantas Polres Cirebon Kota AKP La Ode Habibi Adr Jama mengatakan pihaknya melakukan penyekatan selama masa 'pra pengetatan' larangan mudik Lebaran 2021. Dalam kegiatan ini, kata dia, kendaraan roda dua ataupun roda empat dengan pelat nomor luar Cirebon yang melintas di jalur pantura Cirebon serta wilayah hukum Polres Cirebon Kota, akan menjadi sasaran untuk diputar balik.

"Hari ini kami melaksanakan kegiatan pra pengetatan dari tanggal 22 April sampai 5 Mei. Tidak terlalu ketat, tapi kita mulai melakukan penyekatan. Sasaran kita kendaraan dari luar Cirebon," kata Habibi kepada wartawan, Minggu (2/5/2021).

Dalam masa pra pengetatan ini, lanjutnya, pihaknya melakukan penyekatan di empat titik di wilayah hukum Polres Cirebon Kota. Menurutnya, hingga saat ini banyak masyarakat yang nekat mencuri start lebih awal untuk mudik.

Untuk mengantisipasi hal itu, menurutnya petugas Satlantas Polres Cirebon Kota langsung memutar balik kendaraan dari luar Cirebon, agar kembali ke daerah asalnya.

"Ya banyak masyarakat yang mencuri start, sehingga ada program pemerintah yaitu pra pengetatan. Karena ada operasi ketupat 6 Mei, banyak yang curi start," ujarnya.

Dia menambahkan, untuk pelat kendaraan dengan kode nomor polisi E yaitu Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan, akan dikecualikan selama masa pra pengetatan ini.

"Pada saat operasi ketupat, akan dilaksanakan aglomerasi, yaitu kendaraan khusus nopol Kota Cirebon. Luar Kota Cirebon akan kita putar balikan," paparnya.