tangkapan layar IG Erick Thohir
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir resmi turut mengelola klub bola Persis Solo.

UNIKOLOGI.COM - Momen menarik dilaporkan terjadi ketika Menteri BUMN, Erick Thohir, mengunjungi salah satu Pertashop di Desa Tegalrejo, Kendal, Jawa Tengah, dalam rangka kunjungan kerja.

Bedasarkan rilis yang diterima Kompas.com, hal ini terjadi ketika mantan pemilik Inter Milan tersebut berkunjung di salah satu outlet penjualan Pertamina itu.

Erick Thohir sempat berbincang dengan salah satu sopir mobil pikap yang sedang mengantri.

Pada awalnya, Erick Thohir bertanya mengenai kapasitas bensin mobil pikap tersebut.

Setelah itu, Erick Thohir langsung meminta petugas Pertashop untuk mengisi penuh bensin ke pikap yang memiliki kapasitas 200 liter itu.

Namun, pemberian Erick Thohir kali ini ternyata tidak gratis.

Erick Thohir dengan nada bercanda meminta sopir pikap tersebut untuk mendukung dan mempromosikan tim Liga 2, Persis Solo, sebagai pengganti biaya bensin.

Erick Thohir mengajukan penawaran itu karena mengetahui sopir pikap tersebut mengenakan baju Arema Malang dan mendukung PSIS Semarang.

Mengetahui syarat yang diajukan Erick Thohir, sopir pikap tersebut hanya bisa tertawa dan berjanji akan mendukung Persis Solo.

Momen kocak itu dibagikan Erick Thohir di akun Instagram pribadinya pada Minggu (2/5/2021).

"Ya sudah, diisi 200 (liter). Saya yang bayar, tapi bajunya jangan Arema lagi dong. Persis Solo. Ini saya yang isiin bensin, habis itu dukung Persis Solo ya," kata Erick Thohir seperti dikutip dari rilis tersebut.

Seusai bensin pikap itu terisi penuh, Erick Thohir dan sopir tersebut melanjutkan obrolan, tetapi kali ini mengenai sepak bola Eropa.

Erick Thohir tampak sedikit terkejut sambil tertawa ketika mengetahui tim favorit sopir pikap itu adalah AC Milan.

Ekspresi itu dari pengalaman Erick Thohir yang pernah lima tahun menjadi presiden tim rival satu kota AC Milan, Inter Milan.

Erick Thohir yang kecewa mendengar jawaban AC Milan dari sopir tersebut pada akhirnya hanya bisa tertawa sambil sesekali memukul mobil pikap di depanya tanda geregetan.

"Kenapa enggak satunya, Inter Milan. Ya sudah, memang tidak semua orang Indonesia tahu Inter Milan," kata Erick Thohir.

Pada akhir percakapan, Erick Thohir juga memberi beberapa lembar uang Rp 50 ribuan kepada sopir tersebut untuk berbuka puasa.

Namun, lagi-lagi Erick Thohir kembali mengingatkan sopir tersebut untuk mendukung Persis Solo.

Pernyataan Erick Thohir itu kemudian langsung disambut tawa oleh banyak orang yang hadir.

Erick Thohir saat ini tercatat sebagai salah satu pemilik Persis Solo bersama putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, dan Direktur PT Plevia Makmur Abadi, Kevin Nugroho.

Ketiganya memiliki jumlah saham yang berbeda di PT Persis Solo Saestu (PSS) sebagai pihak yang menaungi kubu Liga 2 tersebut.

Kaesang Pangarep menjadi pemilik saham PT Persis Solo Saestu terbesar, yakni 40 persen.

Di sisi lain, Kevin Nugroho memiliki 30 persen, sementara Erick Thohir memiliki 20 persen. Adapun 10 persen saham lainnya dimiliki oleh para pendiri PT PSS dan tim internal lainnya.

Setelah resmi mengakuisisi PT PSS, Kaesang Pangarep langsung memasang target membawa Persis Solo promosi ke Liga 1 tahun depan.

Target tersebut sejauh ini sejalan dengan gerak cepat Persis Solos di bursa transfer.

Marinus Wanewar, Feri Komul, Ganjar Mukti, Assanur "Torres" Rijal, hingga Alberto "Beto" Goncalves adalah lima mantan pemain tim Liga 1 yang sudah merapat ke Persis Solo.

Penulis: M. Hafidz ImaduddinEditor: Firzie A. Idris