Sebastian Vettel Saat Balapan di GP Portugal

Berita F1: Aston Martin akan memasangkan paket aerodinamika terbaru untuk mobil AMR21 milik Sebastian Vettel saat tampil di Barcelona untuk meningkatkan performanya.

Menjelang digelarnya seri keempat Kejuaraan Dunia F1 2021, GP Spanyol, akhir pekan ini (7-9/5/2021), Aston Martin Cognizant F1 Team baru mengumpulkan lima poin dan menempati peringkat ketujuh di klasemen konstruktor. Salah satu penyebabnya adalah kedua pebalap mereka, Sebastian Vettel dan Lance Stroll, gagal mempersembahkan poin dari balapan sebelumnya, GP Portugal.

Vettel start dari urutan ke-10, sedangkan Stroll start di posisi ke-17. Saat lomba, Vettel harus puas finis di P13 sedangkan Stroll finis tepat dibelakang rekan setimnya, urutan ke-14.

Direktur Performa Aston Martin Tom McCullough memberikan penjelasan mengenai alasan paket aerodinamika mobil AMR21 yang dikemudikan Stroll mampu membantunya naik tiga tingkat antara posisi start sampai finis.

“Di Portugal, kami membawa beberapa paket aerodinamika baru, khususnya untuk lantai mobil,” tutur McCullough seperti yang dikutip dari laman Motorsport.com.

McCullough pun mengakui bila kecepatan mobil Vettel saat balapan di Portimao sangatlah kurang. Hal tersebut ditunjukkan dari penurunan posisi antara start dan finis.

“Tanpa paket aerodinamika baru, Vettel tidak mampu menahan tiga mobil yang start di belakangnya. Sementara, dengan aerodinamika baru, Stroll mampu naik tiga posisi, yang berarti melibas tiga mobil yang start di atasnya,” ungkapnya.

Menjelang GP Spanyol yang bakal digelar di Circuit de Barcelona-Catalunya, Vettel mengaku sudah tidak sabar untuk mencoba paket aerodinamika baru, sekaligus menargetkan posisi start yang lebih strategis saat balapan kualifikasi.

“Akhir pekan ini, saya akan memakai paket aerodinamika baru seperti yang diaplikasi untuk mobil Stroll di Portugal yang diyakininya menjanjikan. Bila melihat hasil balapan sebelumnya, kami memiliki kecepatan lomba (race pace) yang lebih baik ketimbang performa untuk satu lap. Jadi, kami akan mencoba lebih baik pada kualifikasi Sabtu agar peluang merebut poin saat lomba Minggu lebih besar,” jelas pebalap asal Jerman tersebut.

“Kami tahu balapan di Barcelona cukup sulit untuk melewati lawan (overtaking). Jadi, akan sangat penting untuk memaksimalkan kesempatan yang kami miliki,” tambahnya.

Usai tampil di GP Spanyol untuk kali pertama pada 2008 dan gagal finis, berikutnya Sebastian Vettel selalu mampu membawa pulang poin dari Catalunya. Yakni satu kemenangan pada 2011 dan empat finis podium lainnya (satu podium kedua dan tiga podium ketiga).

Karena itulah Vettel sangat ingin merebut poin pertamanya musim ini saat balapan di Barcelona. Di tiga seri balapan F1 sebelumnya, ia masing-masing hanya mampu finis di P15 (Bahrain dan Emilia Romagna) dan P13 (Portugal).