Semakin Berumur, Harga Barang Kian Mahal

The post Semakin Berumur, Harga Barang Kian Mahal appeared first on RADARSEMARANG.ID.

RADARSEMARANG.ID – Rumah Mei Aman Afandi di kompleks Candi Pawon, Kabupaten Magelang unik. Dipenuhi barang antik. Awalnya ia kolektor. Namun kini juga menjadi penjual barang antik. Barang dagangannya dibeli orang Singapura, Belanda sampai Jerman.

Kepada wartawan koran ini, Fandi panggilan akrabnya menunjukkan beberapa barang antik yang di rumahnya. Mulai dari radio, buku, patung serta barang antik lainnya. Bahkan ia juga mengoleksi produk rokok dan minuman zaman dulu yang masih utuh. “Ini rokok sama minuman masih utuh isinya tidak buka dari tahun 80-an,” katanya.

Fandi mengaku menjadi kolektor sejak 2012. Awalnya sekadar iseng, lama-lama menjadi hobi. Tahun 2015 beberapa barang antik miliknya banyak diminati para pengunjung Candi Pawon. Hingga akhirnya ia memutuskan membuka toko di rumahnya.  “Akhirnya saya berubah dari kolektor menjadi kolekdol hahaha,” kelakar Fandi.

Ia menjual berbagai barang yang memiliki umur tua. Semakin berumur, harga barang kian tinggi. “Kalau bisnis barang antik itu nggak kedaluwarsa. Barang yang lama justru makin bagus,”  ucap Fandi.

Dari sekian banyak koleksinya, paling tua ada yang dari abad-18. Yakni buku sejarah Jawa. Selain dari dalam negeri, pembeli barang antik di toko milik Fandi banyak yang dari mancanegara. Kata dia, bule yang datang biasanya membeli buku.

Sebelum pandemi dalam sehari rata-rata meraup pendapatan Rp 2 juta. “Kalau pandemi sepi, karena jarang ada wisatawan,” kata Fandi.

Harga barang antik di toko Fandi bervariatif, mulai Rp 50 ribu sampai Rp 5 juta. Paling termahal adalah sepeda onthel. Meski sepi akibat pandemi, Fandi masih bertahan. Ia satu-satunya penjual barang antik di komplek wisata Candi Pawon. Mayoritas lainnya berjualan kerajinan tangan.

“Karena saya satu-satu penjual barang antik di Candi Pawon, jadinya masih tetap laku walau di musim pandemi. Karena tidak ada saingannya,” tutur pria 42 tahun ini. Ia enggan berjualan secara daring. Karena akan mengurangi ciri khas barang antik yang dijual di kawasan Candi Pawon. (man/lis)

The post Semakin Berumur, Harga Barang Kian Mahal appeared first on RADARSEMARANG.ID.