Upaya dalam mendapatkan pengakuan sebagai pencipta lagu bukanlah hal yang salah. Sebagai pencipta lagu berhak untuk mendapatkan royalti yang setimpal. Namun, mengaku-ngaku menjadi pencipta lagu dari milik orang lain adalah hal yang dilarang dan melanggar aturan.

Seperti yang dilakukan seorang mantan ketua unit A&R yang baru-baru ini dilaporkan mendapat hukuman dari SM Entertainment. Pada Kamis (6/5), SM Entertainment mengonfirmasi bahwa mantan ketua unit tersebut memasukkan nama istrinya sebagai penulis lirik lagu ke dalam lagu-lagu artis SM.

Mantan ketua unit itu telah mencantumkan nama sang istri ke dalam 15 lagu artis SM sebagai penulis lirik yang di antaranya EXO, BoA, Baekhyun dan EXO-CBX tanpa sepengetahuan agensi. "Baru-baru ini, kami mengonfirmasi pekerjaan karyawan yang tidak pantas dan mengambil tindakan disipliner sebagai tanggapan," ungkap seorang perwakilan agensi menanggapi persoalan ini.

Diketahui mantan ketua unit tersebut merotasi antara tiga nama berbeda yang memiliki kode kepercayaan yang sama untuk daftar dalam kredit sebagai upaya agar tidak tertangkap. Hal ini tentu sangat merugikan perusahaan sehingga SM Entertainment secara tegas akan menindaklanjuti permasalahan ini ke jalur hukum seperti pernyataan mereka.

A&R merupakan departemen di agensi hiburan yang bertugas untuk membina, mengontrak artis, serta mengadakan pelatihan artis mereka. Tidak hanya itu, A&R bertugas untuk melakukan perencanaan album, produksi dan promosi.

Departemen ini juga yang menjadi unit pertama di mana dalam menerima lagu yang cocok untuk artis termasuk menugaskan produser dan penulis lirik. Bahkan untuk merevisi liriknya pun merupakan pekerjaan mereka.

Oleh sebab itu, dengan terjadinya kasus ini tentu saja merugikan perusahaan. Sebelum laporan ini beredar, SM Entertainment dilaporkan oleh Korea Exchange jika telah diturunkan dari perusahaan blue-chip tingkat atas menjadi bisnis menegah biasa yang disebabkan kinerja yang buruk diikuti adanya peningkatan kerugian.

Sementara itu, meski laporan keuangan yang sedang memanas di lingkungan SM Entertainment, agensi ini dikabarkan akan mendebutkan trainee yang berasal dari Jepang. Diduga kedua trainee ini akan debut sebagai NCT yang ada di Jepang.