Strategi Anies Cegah Kerumunan di Pasar Tanah Abang, Bakal Sukses?
Sejumlah warga duduk beristirahat di sela kegiatan belanja di Blok B Pusat Grosir Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (2/5). Foto: Aditya Pradana Putra/Antara Foto

Gubernur DKI Anies Baswedan mencoba menangani kerumunan di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Kerumunan yang rutin terjadi di jelang lebaran ini coba dicegah.

Anies melakukan sejumlah langkah dan strategi, kira-kira akankah berhasil?

Mengatur Jadwal Kereta

Salah satu langkah Anies dengan mengatur jadwal kereta api. Anis menyebut, nantinya pada pukul 15.00-19.00 WIB, KRL tak akan berhenti di Stasiun Tanah Abang.

Sebagai alternatifnya, Pemprov DKI menyediakan Bus TransJakarta yang akan beroperasi dari Jalan Jatibaru ke Stasiun lain.

"Pukul 15.00-19.00 WIB KCI tidak akan berhenti di Tanah Abang sehingga tidak angkut penumpang di sana," ujarnya.

"Alternatif Pemprov DKI Jakarta sediakan bus TransJakarta akan operasi dari jalan Jatibaru angkut penumpang ke Stasiun lain jadi bagi para penumpang dan pedagang bisa difasilitasi kendaraan lain," tandasnya.

Strategi Anies Cegah Kerumunan di Pasar Tanah Abang, Bakal Sukses? (1)
Warga memadati kawasan Jembatan Penyeberangan Multiguna atau Skybridge Tanah Abang di Jakarta, Kamis (29/4/2021). Foto: Aprillio Akbar/ANTARA FOTO

Imbauan Belanja di Pasar Lain

Anies mengimbau warga tak hanya berbelanja di Pasar Tanah Abang. Kata Anies, di Jakarta ada banyak pasar.

"Kami menganjurkan untuk mendatangi berbagai pasar di Jakarta selain pasar tanah bang. Dengan begitu masyarakat bisa mendapatkan barang tanpa berisiko kerumunan dengan mendatangi tempat yang lain," jelas Anies

Bila mau berbelanja maka tentukan lokasi yamg memang tidak penuh lebih longgar. Kita sama-sama mencegah kerumunan. Dan sama-sama menjaga kesehatanAnies Baswedan

Pengerahan TNI dan Polri

Untuk mengatur kerumunan di Pasar Tanah Abang, Anies juga menyebut mengerahkan sekitar 2.500 personel, terdiri dari, Brimob dan Sabhara.

"Dari TNI ada dari Kodam, dari Angkatan Laut, marinir, angkatan Udara Paskhas, dan juga Satpol PP. Diterjunkan untuk menjaga ketertiban Prokes," tegas Anies.

Pengaturan Pedagang dan Lalu Lintas Pasar Tanah Abang

Kemudian Anies juga mengatur jam buka tutup Pasar Tanah Abang.

"Jadi mulai sore ini pasar akan ditutup dibagi ada yang jam 4 dan tutup jam 5 untuk menghindari keluar bersamaan dan kemudian menuju ke titik yang hampir sama," urai Anies.

Adapun di dalam kawasan pasar mulai besok pagi tidak boleh ada pedagang pasar yang berjualan di luar gedungAnies Baswedan

Kemudian di jalan dan trotoar tidak ada kegiatan berjualan.

"Besok petugas kita kita akan berjaga. Semua kegiatan jual beli di lakukan dalam pasar. Kenyataannya banyak yang menitipkan jualan di luar menimbulkan kerumunan sehingga berisiko, maka sore ini kami siapkan mekanisme pengendaliannya," beber Anies.

Strategi Anies Cegah Kerumunan di Pasar Tanah Abang, Bakal Sukses? (2)
Sejumlah warga memadati Blok B Pusat Grosir Pasar Tanah Abang untuk berbelanja pakaian di Jakarta Pusat, Minggu (2/5). Foto: Aditya Pradana Putra/Antara Foto

Anies juga mengungkapkan, dari Dirlantas Polda Metro akan dilakukan rekayasa lalu lintas mencegah terjadinya kerumunan.

"Karena jumlah orang yang masuk ke kawasan pasar ditentukan. Kalau pasar di dalam pengunjung masih penuh, maka pintu ditutup dan tidak boleh masuk sampai jumlahnya berkurang," tutup dia.