Tak Hanya Gagalkan Dominasi Inggris, Villarreal Cetak Sejarah Usai Lolos ke Final Liga Eropa
Villarreal mencatatkan sejarah usai lolos ke final Liga Eropa 2020-2021.

LONDON – Villarreal berhasil memastikan satu tempat di babak final Liga Eropa 2020-2021. Mereka berhasil melangkah ke partai puncak usai mengandaskan wakil Inggris, Arsenal dengan skor agregat 2-1.

Meski harus puas dengan hasil imbang 0-0 pada leg kedua di Emirates Stadium, Jumat (7/5/2021) dini hari WIB, Villarreal tetap berhak atas tiket final. Sebab pada leg pertama, mereka mampu memenangkan laga kontra Arsenal dengan skor 2-1.

Arsenal vs Villarreal
Arsenal vs Villarreal

Hasil tersebut jelas sangat menggembirakan. Sebab dengan keberhasilan Villarreal melaju ke final, maka wakil Spanyol itu berhasil menggagalkan dominasi wakil Inggris di kompetisi Eropa pada musim ini.

Sebelumnya, wakil Inggris telah mendominasi kompetisi Liga Champions musim ini. Kedua tim asal Negeri Ratu Elisabeth itu meloloskan Manchester City dan Chelsea untuk saling berduel memperebutkan trofi si Kuping Besar.

Lalu, pada Liga Eropa musim ini, Inggris pun sejatinya berpeluang untuk melakukan hal yang sama. Sebab pada babak semifinal ini, ada dua wakil Inggris yang mentas yakni Manchester United dan Arsenal.

Akan tetapi, dominasi Inggris berhasil dimentahkan kala Villarreal mampu menumbangkan Arsenal. Sementara, Man United menjadi wakil Inggris lainnya yang berhasil melangkah ke final usai menaklukkan AS Roma.

Menariknya, kemenangan Villarreal atas Arsenal seperti menjadi ajang balas dendam untuk sang pelatih yakni Unai Emery. Sebab, sebelum menangani Villarreal, Emery merupakan pelatih dari tim asal London tersebut.

Namun, lebih dari itu, kepastian Villarreal mendapatkan tempat di partai final membuat sejarah tersendiri untuk mereka. Sebab, ini merupakan yang pertama bagi Villarreal melaju ke babak final di kompetisi Eropa.

Arsenal vs Villarreal
Arsenal vs Villarreal

Hal yang lebih membanggakan adalah mereka merupakan harapan terakhir Spanyol untuk meraih gelar di kompetisi Eropa. Sebelumnya, ada Real Madrid yang sejatinya juga berpeluang untuk melaju ke babak final di Liga Champions musim ini.

Sayangnya, skuad asuhan Zinedine Zidane itu harus terhenti di babak semifinal usai menyerah dari Chelsea. Madrid menyerah dari Chelsea dengan skor agregat 1-3.