Tanda Max Verstappen Punya Bakat Juara F1
Max Verstappen dinilai punya tanda-tanda seorang juara F1/Foto/Twitter

Pembalap Red Bull Max Verstappen dinilai punya tanda-tanda seorang juara Formula One (F1). Penampilan apik Verstappen di awal musim 2021 menunjukkan hal itu.

Penasihat Red Bull Racing, Helmut Marko, melihat Verstappen memiliki tanda-tanda seorang juara F1. Pendapat Marko sesuai dengan penampilan cemerlang pembalap berpaspor Belanda itu pada dua balapan pertama F1 2021.

Verstappen bahkan bersaing memperebutkan kemenangan dengan pembalap Mercedes AMG Petronas sekaligus juara bertahan, Lewis Hamilton.

Persaingan Verstappen dengan Hamilton bermula di F1 GP Bahrain 2021. Sayangnya, pembalap asal Belanda itu harus puas finis di belakang Hamilton yang memenangkan balapan di Sirkuit Internasional Bahrain, Minggu 28 Maret silam.

Verstappen membalas Hamilton dengan menjadi pembalap tercepat pada balapan kedua, F1 Emilia Romagna 2021, di Sirkuit Imola, Italia. Dia mengasapi Hamilton yang finis di posisi kedua setelah sempat keluar lintasan pada lap ke-31.

Hasil apik dalam dua balapan pertama membuat Verstappen menempati posisi kedua klasemen sementara. Dia mengoleksi 43 poin tertinggal satu angka dari Hamilton yang berada di atasnya.

Meski begitu, Marko yakin posisi Verstappen akan naik setelah menyelesaikan balapan seri ketiga musim ini, F1 GP Portugal 2021. Balapan itu akan berlangsung di Sirkuit Algarve, Portimao, Portugal, Minggu (2/5/2021), pukul 21.00 WIB.

"Banyak hal akan bergantung pada mobil yang kami suplai, tetapi dia (Verstappen) memiliki stigmata juara. Beberapa penampilannya masih kurang meyakinkan, tetapi Dia tidak menganggapnya terlalu serius. Itu malah membuatnya semakin percaya diri," kata Marko, mengutip dari Tuttomotoriweb, Minggu (2/5/2021).

"Terakhir kali kami berada di puncak klasemen adalah 2013 silam (saat Sebastian Vettel menjuarai F1). Akan tetapi, dari Portimao itu harus berubah," ujarnya.

Verstappen berkesempatan untuk meraih kemenangan keduanya pada musim ini di Sirkuit Algarve. Apalagi, pembalap asal Belanda itu akan memulai balapan dari posisi ketiga.

Namun, seperti dua balapan sebelumnya, Verstappen diprediksi harus bersaing ketat dengan Hamilton yang memulai balapan dari posisi kedua. Selain Hamilton, pemilik catatan waktu tercepat di kualifikasi, Valtteri Bottas (Mercedes AMG Petronas), juga diperkirakan menjadi batu sandungan bagi Verstappen pada malam nanti.