Pelatih tim nasional U-23 Indonesia Indra Sjafri (kanan) bersama asisten pelatih Yunan Helmi (tengah) dan Nova Arianto (kiri) mengawasi latihan para pemain, di lapangan Vietnam Footbal Federation (WFF), My Dinh, Hanoi, Vietnam, Senin (25/3/2019).
Pelatih tim nasional U-23 Indonesia Indra Sjafri (kanan) bersama asisten pelatih Yunan Helmi (tengah) dan Nova Arianto (kiri) mengawasi latihan para pemain, di lapangan Vietnam Footbal Federation (WFF), My Dinh, Hanoi, Vietnam, Senin (25/3/2019).

UNIKOLOGI.COM, JAKARTA — Tim Nasional Indonesia antusias menjalani latihan perdana di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Sabtu (1/5) malam, untuk persiapan menghadapi tiga pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G di Uni Emirat Arab (UEA).

Indonesia dijadwalkan melawan Thailand pada 3 Juni 2021, lalu Vietnam 7 Juni 2021, dan terakhir UEA pada 11 Juni 2021 bertempat di UEA sebagai lokasi sentralisasi lanjutan kualifikasi Piala Dunia untuk Grup G yang ditetapkan AFC.

Dikutip dari laman resmi PSSI yang dipantau dari Jakarta, Ahad (2/5), latihan dimulai pukul 20.30 WIB ini dipimpin sementara oleh Asisten Pelatih Nova Arianto.

"Kondisi pemain cukup baik dan prima. Mulai besok serta pekan depan kami akan meningkatkan intensitas latihan," kata Nova.

Nova mengatakan materi latihan adalah pemulihan kondisi, apalagi sebagian besar pemain baru saja mengikuti turnamen Piala Menpora 2021.

"Program dari Coach Shin Tae-yong yakni empat hari pertama yakni peningkatan fisik, setelah itu taktikal dan strategi. Harapannya saat masuk materi latihan taktikal dan strategi, pemain sudah siap mengikuti," tambah Nova.

Pelatih Timnas Shin Tae-yong baru mendarat di Jakarta pada Ahad (2/5). Sementara itu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan bahwa para pemain yang mengikuti TC tersebut merupakan pilihan pelatih Shin Tae-yong.

"Pemain timnas Indonesia yang mengikuti TC kali ini harus menunjukkan performa terbaik. Apalagi selain menjalani pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022, skuad Garuda juga akan melakukan dua kali uji coba internasional melawan Afghanistan (25/5) dan Oman (29/5)," katanya.

Iwan Bule, sapaan akrabnya, berharap para pemain terus bekerja keras demi hasil maksimal di laga Kualifikasi Piala Dunia Grup G.

"Kami berharap dengan persiapan yang baik, Timnas Indonesia dapat meraih hasil maksimal pada tiga laga melawan Thailand, Vietnam, dan UEA. PSSI terus mendukung program pelatih pelatih Shin Tae-yong demi raihan prestasi timnas Indonesia," katanya.

Timnas Indonesia saat ini masih menempati posisi lima di klasemen grup G. Poin maksimal yang bisa diraih Timnas Indonesia adalah sembilan angka dengan catatan menang semua laga sisa.

Sementara yang lolos ke babak selanjutnya hanya juara grup dan runner-up, yang saat ini diisi oleh Vietnam (11 poin) dan Malaysia (9 poin).