Tips Jawab Pertanyaan di Luar Dugaan Saat Wawancara Kerja
Ilustrasi wawancara kerja. Foto: Shutter Stock

Ketika sedang melakukan wawancara kerja, mungkin kamu pernah mendapatkan pertanyaan-pertanyaan di luar dugaan, yang sekilas enggak ada kaitannya sama pekerjaan.

Misal, "Kalau bisa jadi hewan, kamu ingin berubah menjadi apa?", atau "Apa pengalaman paling menyenangkan dalam hidup kamu?".

Dilansir The Muse, walau mungkin dianggap aneh, terkadang pertanyaan random muncul agar proses wawancara enggak terlalu tegang.

Selain itu, bisa jadi tujuan dari pertanyaan-pertanyaan spontan tersebut, agar pewawancara dapat mengamati caramu menangani hal-hal yang enggak terduga.

Pertanyaan ini juga bisa bertujuan agar perekrut tahu seberapa cocok kamu dengan budaya perusahaan. Jadi kalau menjawab terlalu serius, mungkin kamu bisa berisiko kehilangan kesempatan karena dianggap kurang cocok.

Terus, apa yang sebaiknya kamu lakukan ketika tiba-tiba diajukan pertanyaan yang enggak terduga? Simak selengkapnya tips berikut ini, yuk.

Tips Jawab Pertanyaan di Luar Dugaan Saat Wawancara Kerja (1)
Ilustrasi wawancara kerja. Foto: Shutterstock

Berikan senyuman

Idealnya, reaksimu harus menunjukkan bahwa kamu enggak panik dan terlalu terpengaruh dengan pertanyaan tersebut.

Jadi, daripada langsung tegang dan kebingungan, coba tenangkan dirimu dengan memberi senyuman.

Ini bisa membuat si pewawancara tahu kamu siap dan bersedia menghadapi tantangan yang enggak biasa.

Tidak perlu terburu-buru menjawab pertanyaan saat wawancara

Hanya karena kamu ingin menunjukkan kesiapanmu bekerja di perusahaan itu, bukan berarti kamu terburu-buru dalam menanggapi sebuah pertanyaan.

Enggak masalah, kok, untuk mengatakan, "Pertanyaan yang menarik. Coba saya pikirkan sebentar jawabannya". Atau bisa juga merespons dengan, "Wah, saya belum pernah ditanya seperti ini sebelumnya. Beri saya waktu sebentar untuk menjawabnya".

Ambil waktu sebaik-baiknya untuk menjawab. Memberi jeda beberapa detik terkadang lebih baik daripada cepat merespons namun asal-asalan.

Laporan: Afifa Inak