Gelandang Ukraina Atalanta Ruslan Malinovskiy (Bawah) merayakan bersama rekan satu timnya setelah membuka skor pada pertandingan sepak bola Serie A Italia Atalanta Bergamo vs Juventus Turin pada 18 April 2021 di stadion Atleti Azzurri d'Italia di Bergamo. Marco BERTORELLO / AFP

SIAPGRAK.COM - Berikut ini ulasan menarik perihal peluang Atalanta dalam memperebutkan slot zona Liga Champions di liga domestik akhir musim ini.

Keberhasilan Inter Milan yang telah menyegel gelar juara scudetto membuat slot zona Liga Champions tinggal menyisakan tiga tim lagi.

Dengan menyisakan empat laga sisa, ada beberapa tim lagi yang masih bisa memperebutkan slot Liga Champions tersebut.

SIAPGRAK.COM

Tim-tim yang masih berpeluang tersebut antara lain Atalanta, Juventus, AC Milan, dan Napoli.

Lazio menjadi satu tim lain yang berpotensi memiliki peluang untuk memberikan efek kejutan di akhir musim.

Alhasil dengan banyaknya tim yang masih bersaing membuat perebutan zona Liga Champions musim ini semakin sengit.

Atalanta saat ini masih menjadi tim yang posisinya berada paling dekat dengan Inter Milan selaku juara scudetto.

Tim berjuluk La Dea itu masih menempati posisi kedua di tangga klasemen Liga Italia.

Atalanta saat ini telah memperoleh 69 poin dari 34 laga yang telah dilakoni.

Raihan 20 kemenangan, 9 hasil imbang, dan 5 kekalahan mewarnai perjalanan tim yang dibesut Gianpiero Gasperini tersebut.

Salah satu kegemilangan Atalanta yang masih berlanjut sejak musim lalu adalah produktifitas gol yang mereka ciptakan.

Atalanta saat ini masih menyandang status sebagai tim paling produktif dalam urusan membobol gawang lawan dengan torehan 79 gol.

Catatan tersebut menandakan bahwa Atalanta rata-rata berhasil mencetak minimal dua gol per pertandingan.

Jika melihat jadwal yang ada, Atalanta memiliki keuntungan karena tinggal menyisakan satu lawan berat di sisa akhir musim ini.

Lawan berat yang akan dihadapi oleh Atalanta adalah AC Milan tepat pada laga pamungkas alias pekan terakhir.

Sebelum menjamu AC Milan, Atalanta akan menghadapi tiga laga potensial yang bisa menjadi kesempatan menyapu bersih pertandingan dengan raihan kemenangan.

Tiga laga selanjutnya yang akan dihadapi oleh Atalanta yakni Parma (Away), Benevento (Home), dan Genoa (Away).

Dengan konsistensi permainan yang mampu diperlihatkan Atalanta, tim berjuluk La Dea itu tampaknya bisa mengamankan tiga poin dalam setiap laganya.

Hanya saja yang menjadi titik penting bagi Atalanta adalah mereka juga harus mempersiapkan skuat terbaiknya dalam menatap final Coppa Italia.

Atalanta dijadwalkan akan meladeni permainan Juventus di partai puncak Coppa Italia musim ini, tepat beberapa hari sebelum pekan terakhir Liga Italia.

Situasi pelik itu harus mampu disikapi dengan bijak oleh Gasperini agar target penting timnya musim ini bisa tercapai.

Selain memiliki target untuk bisa mengamankan tiket Liga Champions musim depan, Atalanta juga enggan menyerahkan begitu saja peluang gelar Coppa Italia kepada Juventus.

Perlu diketahui juga bahwa saat ini Atalanta memiliki perolehan poin yang sama dengan Juventus dan AC Milan yang berposisi di bawahnya.

Jikalau Atalanta terpeleset sekali saja maka bukan tidak mungkin mereka bisa saja menyesal pada akhir musim lantaran targetnya tidak terpenuhi.

Disisi lain, Atalanta bisa saja memanfaatkan momen pertemuan laga antara AC Milan dan Juventus yang akan saling sikut pada pekan 35.

Alhasil bulan ini akan menjadi titik krusial bagi Atalanta dalam menentukan arah perjuangannya untuk musim depan.

AC Milan Haram Kalah Jumpa Juventus demi Amankan Zona Liga Champions

AC Milan dijadwalkan akan melakoni laga krusial melawan Juventus dalam pertandingan lanjutan pekan 35 Liga Italia, Senin (10/5/2021) mendatang.

Dalam laga yang akan dilangsungkan di Allianz Stadium tersebut, AC Milan diharamkan menelan kekalahan melawan Juventus.

Hal ini mengingat AC Milan memiliki misi besar untuk mengamankan tiket Liga Champions musim depan yang belum tuntas.

Alhasil tak ada pilihan lain bagi AC Milan untuk sebisanya menghindari kekalahan di empat laga sisa musim ini.

Tim berjuluk Rossoneri itu saat ini masih menduduki posisi empat alias batas aman zona Liga Champions.

AC Milan harus legowo menempati urutan keempat dibawah Atalanta dan Juventus.

Meskipun ketiga tim tersebut sama-sama telah mengoleksi 69 poin, AC Milan kalah dalam produktifitas gol dari Juventus dan Atalanta.

Dengan menyisakan empat laga sisa, pertarungan untuk memperebutkan tiket Liga Champions dipastikan makin berlangsung sengit sampai akhir musim.

Belum lagi masih ada Napoli dan Lazio yang juga masih menyimpan asa untuk menembus posisi zona empat besar akhir musim ini.

Dan laga melawan Juventus pada pertandingan selanjutnya akan menjadi titik krusial nasib AC Milan musim ini.

Penyerang Portugal Juventus Cristiano Ronaldo (2ndL) menantang bek Italia AC Milan Davide Calabria (kiri) dan gelandang Pantai Gading AC Milan Franck Kessie (kanan) selama pertandingan sepak bola Serie A Italia AC Milan vs Juventus pada 6 Januari 2021 di stadion San Siro di Milan.
MIGUEL MEDINA / AFP
Penyerang Portugal Juventus Cristiano Ronaldo (2ndL) menantang bek Italia AC Milan Davide Calabria (kiri) dan gelandang Pantai Gading AC Milan Franck Kessie (kanan) selama pertandingan sepak bola Serie A Italia AC Milan vs Juventus pada 6 Januari 2021 di stadion San Siro di Milan. MIGUEL MEDINA / AFP (MIGUEL MEDINA / AFP)

Jika AC Milan mampu memenangkan pertempuran melawan Juventus, peluang untuk mengamankan tiket Liga Champions terbuka lebar.

Hal ini dikarenakan AC Milan akan mampu menggeser posisi Juventus yang saat ini berada pada urutan ketiga.

Hanya saja jika AC Milan gagal mengalahkan Juventus, peluang Rossoneri akan sulit mengingat mereka juga akan menghadapi laga hidup mati melawan Atalanta di sisa akhir musim ini.

Selayaknya pertempuran penting dalam memperebutkan kemenangan perang, AC Milan tak boleh sedikitpun terlena jika tidak ingin menyesal pada akhir ceritanya.

Jika melihat performa kedua tim dalam lima laga terakhir, pasang surut permainan diperlihatkan Juventus maupun AC Milan.

Sebagaimana misal Juventus yang mendulang tiga kemenangan dalam lima laga pamungkas di Liga Italia.

Satu laga lainnya berakhir dengan raihan hasil imbang, sekaligus kekalahan.

Megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo meluapkan kekesalannya dengan menendang gawang saat melawan Napoli dalam laga tunda pekan ke-3 Liga Italia 2020-2021 di Allianz Stadium, Rabu (7/4/2021) pukul 23.45 WIB.
Megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo meluapkan kekesalannya dengan menendang gawang saat melawan Napoli dalam laga tunda pekan ke-3 Liga Italia 2020-2021 di Allianz Stadium, Rabu (7/4/2021) pukul 23.45 WIB. (TWITTER.COM/TIMELINECR7)

Performa naik turun yang dilakoni Juventus bersama Andrea Pirlo musim ini membuat mereka gagal mempertahankan gelar juara.

Setelah gelar scudetto direbut Inter Milan, Juventus hanya bisa fokus sepenuhnya untuk memenangkan gelar Coppa Italia serta mengamankan tiket Liga Champions musim depan.

Performa naik turun juga dirasakan AC Milan utamanya dalam mengarungi kompetisi Liga Italia pada paruh kedua.

Rentetan hasil kurang memuaskan terlihat mewarnai jalan AC Milan dalam mengarungi paruh kedua musim ini.

Dalam lima laga pamungkasnya, AC Milan tercatat harus menelan dua kekalahan mengejutkan ketika bertemu Sassuolo dan Lazio.

Pemain depan Lazio dari Argentina Joaquin Correa (kanan) menendang bola untuk mencetak gol selama pertandingan sepak bola Serie A Italia Lazio vs Ac Milan di Stadion Olimpiade di Roma pada 26 April 2021.
Filippo MONTEFORTE / AFP
Pemain depan Lazio dari Argentina Joaquin Correa (kanan) menendang bola untuk mencetak gol selama pertandingan sepak bola Serie A Italia Lazio vs Ac Milan di Stadion Olimpiade di Roma pada 26 April 2021. Filippo MONTEFORTE / AFP (Filippo MONTEFORTE / AFP)

Dua kekalahan itu sempat membuat asa AC Milan untuk bisa mempertahankan posisi di papan atas cukup goyah.

Stefano Pioli pun diharapkan bisa kembali menunjukkan sentuhan dinginnya untuk membantu menyelamatkan musim AC Milan.

Pertempuran sengit antara Juventus versus AC Milan dapat anda saksikan melalui tayangan Bein Sports, Senin (10/5/2021) pukul 01.45 WIB.

(SIAPGRAK.COM/Dwi Setiawan)