Viral surat resmi Desa Banjarsari Bojonegoro minta bingkisan Hari Raya. [Foto: tangkapan layar Instagram/@berita_bojonegoro2]
Viral surat resmi Desa Banjarsari Bojonegoro minta bingkisan Hari Raya. [Foto: tangkapan layar Instagram/@berita_bojonegoro2]

SuaraJatim.id - Viral surat berkop resmi Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Kecamatan Trucuk, Desa Banjarsari di media sosial. Anehnya, surat tertanggal 26 April 2021 yang tertera tanda tangan Kepala Desa Banjarsari Fakhtul Huda bercap stempel resmi itu meminta bingkisan Hari Raya ditujukan kepada pimpinan toko retail modern.

Surat tersebut diunggah akun Instagram @berita_bojonegoro2, Minggu (2/5/2021).

"Mau nanya gaes, yang kayak gini udah jadi hal lumrah gak sih?," tulis akun tersebut dikutip UNIKOLOGI.COM.

Berikut isi surat perihal permohonan bantuan bingkisan Hari Raya tersebut;

Sehubungan dengan semakin dekatnya Hari Raya Idul Fitri untuk itu mari kita hormati dan membangun kebersamaan antara perusahaan di lingkungan Desa Banjarsari dab Pemerintah Desa Banjarsari. Kami memohon kepada perusahaan dan pengusaha yang berada di lingkungan Desa Banjarsari untuk sudi kiranya memberikan bingkisan hari raya ataupun dapat berupa uang tunai, dengan jumlah; 1.  Kepala Desa 2. Perangkat Desa (10 orang) 3. BPD (9 orang) 4. Petugas Kebersihan (3 orang) 5. Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas (2 orang)

Adapun bantuan yang kami maksud adalah sukarela dan besar kecilnya pemberian akan kami terima dengan senang hati

Pada kolom komentar telah ramai sejumlah warganet atau netizen yang merespon surat tersebut. Warganet menilai surat tersebut tidak ubahnya pemalakan secara resmi.

"wahahaha apaan nih ? malak resmi?," tulis akun Instagram @afilar***.

"Malak secara sopan dan santun," sahut akun @a.wahy***.

Warganet lainnya menyoriti perihal kemampuan finansial pegawai di lingkungan pemerintah desa bersangkutan.

"Mulai lagi….gaji dan tunjanganmu g cukup ta?," ujar akun @falatehan***.

"Sek kurang a pak gajimu?," sambung akun @ady_***.